10 Fakta Unik Tentang Harimau

Wednesday, August 9, 2017 : 8:28:00 PM

Siapa yang tak mengenal harimau? Kucing besar ini memiliki loreng yang khas pada tubuhnya, cakar dan taring tajam, serta kecepatan berburu yang luar biasa.

Aumannya yang bisa terdengar hingga radius 3 km, bisa membuat lutut siapapun yang mendengarnya gemetaran. Pantas rasanya jika julukan "Raja Hutan" disematkan padanya.

Berikut ini kami suguhkan beberapa fakta unik tentang harimau yang mungkin belum Anda ketahui:

- Nama latin dari harimau adalah Panthera tigris. Kata panthera diyakini berasal dari kata oriental yang berarti “putih-kuning” sementara tigris berasal dari kata Yunani yang berarti panah, merujuk pada kecepatan gerak spesies ini bahkan saat berada di tengah hutan.

- Motif belang pada harimau, selayaknya sidik jari manusia, sangat unik. Tidak ada harimau yang motifnya persis sama!

- Jika bulu harimau dicukur, motif belang akan tetap ada di kulitnya.

- Air liur harimau berfungsi sebagai antiseptik yang membantu mengobati lukanya.

- Berbeda dengan singa, harimau dewasa adalah satwa soliter yang menandai wilayahnya dengan urin dan cakaran di batang pohon.

- Wilayah harimau jantan yang satu tidak sama dengan harimau jantan yang lainnya, karena itu mereka membutuhkan wilayah jelajah yang tidak terfragmentasi untuk tetap bertahan hidup.

- Wilayah jelajah harimau betina biasanya berada di sekitar wilayah jelajah ibunya.

- Tidak seperti kucing peliharaan, harimau suka air dan merupakan perenang yang handal.

- Harimau dewasa mampu memangsa 40 kg daging sekaligus. Setelah makan besar mereka bisa tidak makan lagi selama 1 atau 2 minggu.

- Harimau merupakan pemburu yang sangat mampu beradaptasi, habitatnya beragam dari taiga di Rusia, padang rumput di India, sampai hutan bakau tropis di Asia Tenggara.

(Lutfi Fauziah. Sumber: WWF-Indonesia)

Saat ini 0 comments :