Kenapa bermain handphone di SPBU dilarang?

Tuesday, April 25, 2017 : 10:42:00 PM

Kenapa bermain handphone di SPBU dilarang? Tanda larangan untuk tidak bermain handphone atau memotret menggunakan kamera sering kali terlihat di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

Jawaban yang sering kali didengar adalah dikhawatirkan akan terjadi kebakaran. Yang jadi pertanyaan kenapa resiko kebakaran bisa terjadi?

Dikutip dari diskusi di forum fotografer.net, alat-alat elektronik termasuk HP dan kamera adalah non EX/IS equipment (Explossion proof/Intrinsinc safe). Alat-alat tersebut dapat menghasilkan percikan api kecil yang muncul dari alat elektronik tersebut.

Pada handphone terdapat gelombang micro yang bisa menyebabkan resiko kebakaran, ledakan atau percikan api dikhawatirkan muncul, karena di seluruh area SPBU memiliki kemungkinan muncul gas/uap dari bahan bakar yang sedang diisikan ke dalam tangki kendaraan bermotor maupun mobil.

Perlu diperhatikan adanya kemungkinan percikan dari baterai handphone maupun kamera yang bisa memicu api, walau kemungkinannya cukup kecil. Sekarang Anda tahu kenapa peraturan agar tidak menggunakan alat elektronik termasuk kamera di area SPBU diterapkan.

Semua peraturan tentu untuk kebaikan, semoga kita dapat mematuhinya.

Saat ini 0 comments :