Mengetahui Kepribadian Seseorang Lewat Status Facebook

Friday, March 10, 2017 : 2:21:00 PM

Ada ujar-ujar yang berkata, apa yang kamu ucapkan menggambarkan dirimu sesungguhnya. Kalau di zaman sekarang, kira-kira bisa ditafsirkan begini; status facebook-mu bisa menggambarkan karakter aslimu. Nah, lho.

Ini bukan omong kosong. Ada sebuah penelitian yang menyebutkan, status facebook seseorang dapat menggambarkan kepribadian penulisnya.

Penelitian tersebut dilakukan pada 2015 dengan mengumpulkan 550 orang. Seperti dilansir smh.com, penelitian tersebut dituangkan  dalam jurnal yang berjudul Personality and Individual Differences.

Hasilnya seperti ini

1. STATUS TENTANG ORANG TERSAYANG

Menulis status tentang orang dicintai seringkali dianggap sebagai orang yang penuh kasih sayang. Tapi penelitian mengatakan lain.

Menurut penelitian, orang yang sering menulis status tentang orang tersayang justru dikaitkan dengan perasaan rendah diri. Dia sangat ketakutan akan kehilangan pasangannya.

2. STATUS TENTANG MAKANAN DAN KEBUGARAN

Mereka yang suka menulis hal ini biasanya seorang narsis, suka pamer, dan sombong.

Hasil riset juga mengatakan, tipe kepribadian narsis menggunakan Facebook untuk menyebarkan kebiasaan diet dan olahraga untuk menunjukkan betapa pentingnya penampilan fisik bagi mereka.

3. STATUS TENTANG INFORMASI DUNIA

Mereka yang suka memposting dengan topik intelektual dikaitkan dengan keterbukaan yang tinggi.Cenderung kreatif, cerdas, dan memiliki rasa ingin tahu yang baik.

4. STATUS TENTANG ANAK

Mereka yang gemar menulis status tentang anak biasanya memiliki ketelitian yang tinggi. Namun mereka juga punya sisi buruk yakni mencerminkan cara mengasuh anak yang terlalu kompetitif.

Tentu, lazimnya sebuah penelitian, hal ini tidak mutlak benar adanya. Meski demikian, bisa menggambarkan sebagian besar fenomena yang terjadi.

Saat ini 0 comments :