Cara Jitu Atasi Masalah Ponsel Nge-lag saat Main Game

Monday, March 6, 2017 : 10:14:00 PM

Tips mengatasi ponsel ‘nge-lag’ saat bermain game ini penting untuk disimak oleh mereka yang sangat gemar bermain game di ponsel Android.

Meski tidak dihadirkan secara khusus untuk bermain game, namun pada kenyataannya ponsel Android banyak digunakan untuk bermain game. Ada yang menggunakannya hanya sebagai hiburan, ada pula yang serius hingga menggelontorkan banyak uang.

Sayangnya, tidak seperti game console yang memang dibuat khusus untuk bermain game sehingga banyak game yang dibuat mengikuti spesifikasi game console, ponsel Android memiliki beragam spesifikasi. Belum lagi fakta bahwa ponsel Android memang memiliki beragam fungsi.

Hal ini membuat, banyak orang yang mengeluh karena ponsel Android mereka nge-lag saat digunakan bermain game.

Untungnya, seperti dikutip dari sinyal.co.id, ada lima langkah jitu untuk mengatasi masalah ponsel nge-lag saat bermain game: 

1. Uninstall aplikasi yang tidak atau jarang digunakan

Cara pertama untuk atasi ponsel nge-lag adalah dengan mencopot aplikasi yang tidak perlu. Agar tidak terjadinya lag tentu saja memerlukan kapasitas RAM yang tinggi.

Banyaknya aplikasi yang di-install, maka makin banyak kapasitas RAM yang terpakai untuk menopang aplikasi-aplikasi tersebut. Oleh sebab itu, cara ini sangat dianjurkan untuk meningkatkan performa di saat Anda bermain game dengan Android. 

2. Menambah ruang kosong di memori internal

Membersihkan cache juga salah satu cara atasi ponsel nge-lag. Banyaknya cache pada memori bisa mengakibatkan ponsel itu menjadi lemot.

Jadi, sering-seringlah membersikan cache yang ada di smartphone agar tidak mengalami lag pada saat main game. 

3. Matikan widget 

Widget yang selalu berjalan sendiri di ponsel bisa berakibat terhadap beban penggunaan RAM. Sangat dianjurkan untuk mematikan widget di ponsel Android Anda agar bisa memainkan game dengan lancar. 

4. Menggunakan aplikas ‘gamebooster’

Terkadang menggunakan aplikasi pihak ke-tiga juga perlu dilakukan, apalagi jika beberapa cara di atas tidak berhasil dengan baik. Salah satunya adalah Gamebooster2. Aplikasi ini bisa digunakan pada berbagai jenis ponsel  Android. 

5. Sesuaikan game dengan spesifikasi ponsel

Cara atasi ponsel nge-lag saat main game justru dari pengguna sendiri. Terkadang sebagian besar orang lupa melihat spesifikasi game yang dia mainkan, apakah cocok atau tidak dengan spesifikasi ponsel Android yang dimilikinya.

Nyatanya, hal ini juga merupakan bagian yang sangat penting untuk di perhatikan. Apabila spesifikasi game terlalu tinggi, sedangkan spesifikasi device Android tidak memenuhi kriteria, maka lag merupakan akibat yang wajar jika sampai terjadi.

Saat ini 0 comments :