Cara Berhenti Merokok

Saturday, March 4, 2017 : 7:19:00 PM


Merokok bagi sebagian orang sudah menjadi kebutuhan pokok bagi mereka. Harga rokok yang semakin mahal tidak membuat mereka berhenti untuk membeli rokok. Nikotin yang terdapat dalam rokok membuat perokok menjadi kecanduan. Didalam setiap hisapan asap rokok terdapat banyak zat-zat yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Rokok memang memberi efek buruk bagi kesehatan tubuh. Bayangkan jika Anda berhenti merokok, betapa indahnya hidup ini. Uang yang seharusnya untuk beli rokok bisa Anda tabung atau untuk kebutuhan lain, Anda sehat dan orang disekitar anda tidak terganggu asap rokok.

Berhenti merokok memang tidak mudah, namun Anda bisa melakukan cara untuk membantu Anda berhenti merokok sebagai berikut:

1. Mempunyai niat yang sungguh-sungguh untuk berhenti merokok.

2. Mulailah belajar untuk membenci rokok, ketahuilah rokok bisa membunuh Anda.

3. Bergaul dengan orang yang tidak merokok.

4. Sering-sering pergi ke tempat yang ruangannya ber-AC, didalam ruangan ber-AC dilarang merokok disitu Anda bisa belajar menahan untuk merokok.

5. Pindahkan semua benda yang berhubungan dengan rokok. Misal singkirkan asbak ditempat biasa anda merokok.

6. Jika ingin merokok usahakan untuk menundanya. Misal Anda biasa merokok setelah makan siang, Anda bisa menundanya sekitar 15-30 menit, kemudian anda baru merokok. Setiap hari Anda bisa menambah waktu penundaan untuk merokok.

7. Sebaiknya Anda memberitahu teman dan orang terdekat bahwa Anda ingin berhenti merokok.

8. Kurangi jumlah rokok yang Anda hisap secara bertahap.

9. Mulailah dengan mengisi kegiatan diwaktu luang Anda. Misal membaca buku, mengurus taman, ngobrol bersama keluarga dan lain-lain.

10. Pahamilah betapa pentingnya kesehatan untuk Anda.

11. Cari pengganti rokok, misalnya permen.

12. Rajinlah berolahraga, cara ini efektif selain membantu Anda berhenti merokok, olahraga juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

13. Rajin minum air putih, pastikan Anda minum air yang cukup.

14. Yakin bahwa Anda dapat memiliki kehidupan yang lebih baik tanpa rokok.

Dalam proses untuk berhenti merokok mungkin Anda akan mengalami beberapa perubahan dalam diri Anda. Seperti Anda akan mudah marah, sulit mengendalikan perasaan, kurang konsentrasi, gelisah, sulit tidur, batuk, penurunan denyut nadi.

Tapi hal tersebut akan hilang dengan sendiri. Saat Anda berhasil berhenti merokok saat itulah Anda memiliki kehidupan yang lebih sehat. Hidup sehat hidup bahagia, itulah hadiah untuk Anda.

Selamat mencoba, semoga berhasil. Salam sehat dan tetap semangat. Ajaklah orang disekitar Anda untuk berhenti merokok.

Saat ini 0 comments :