Cara Menghasilkan Foto Keren dengan Smartphone

Monday, February 27, 2017 : 8:30:00 PM

Menjadi seorang fotografer handal adalah impian semua orang. Hal ini bisa terlihat dari banyaknya smartphone dengan kamera terbaik dan aplikasi pengedit foto di smartphone sangat digemari oleh para generasi masa kini. Termasuk kamu, kan?

Untuk jadi fotografer handal, kamu bukan hanya butuh smartphone yang dibekali kamera mumpuni atau aplikasi edit foto saja, tapi juga teknik.

Kata siapa menghasilkan foto keren hanya bisa dilakukan oleh kamera DSLR? Jika tahu tekniknya, smartphone juga bisa menghasilkan foto yang menakjubkan loh. Untuk itu, coba pahami teknik-teknik fotografi berikut: 

1. Framing 
Kehadiran frame atau bingkai dalam suatu foto bisa menjadi nilai lebih dalam hasil jepretan kameramu. Tidak harus bingkai penuh seperti jendela di empat sisi, asal ada bingkai bisa memberikan kesan dramatis di foto loh.

Gak harus jendela atau pintu, kamu bisa menggunakan framing natural juga. Misalnya mulut goa, bebatuan atau celah di antara deretan pepohonan. 

2. Tunjukan Gerakan Foto
Untuk bisa menyampaikan gerakan foto, coba berikan ruang lebih di depan objek foto yang bergerak. Ruang lebih inilah yang akan digunakan otak orang yang melihat untuk membuat simulasi gerakan objek di foto. 

3. Bermain dengan Arah
Tahukah kamu, otak kita memproses informasi dari kiri ke kanan? Untuk itu, meletakkan objek utama di sebelah kanan dengan objek pendukung di sebelah kiri akan membuat foto lebih hidup dan dramatis. Misalnya kerumuman orang bergerak dari kiri ke kanan, letakan objek utamamu di pojok kanan. 

4. Eksplorasi Sudut Pandang 
Kreativitas seorang fotografer bukan hanya dituntut untuk pintar memilih objek, tapi juga mengambil angle gambar. Untuk itu, rajin-rajinlah mengambil foto dari berbagai prespektif dengan smartphonemu. Ambil sebanyak-banyaknya, lalu pilih yang terbaik. 

5. Pahami Ruangan dalam Foto 
Dalam sebuah foto ada dua ruang utama, yaitu ruang positif dan negatif. Ruang positif digunakan untuk menyampaikan objek utama, dan negatif biasanya background foto. Pastikan konsep yang tepat untuk membuat komposisi ruang foto ini tepat dan hidup.

Ini erat kaitannya dengan kemampuan mengambil fokus foto. Pilih fokus di objek dengan waktu yang tepat untuk menghasilkan background yang mendukung objek utama.

Bayangan dalam foto akan memberikan kesan hidup. Lewat refleksi yang dihadirkan di foto, kamu bisa menciptakan dialog visual yang membuat orang betah melihatnya. Tidak harus bayangan di cermin, kamu bisa mengambilnya di air, tanah, atau bangunan.

Gimana, sudah kepikiran mau ngambil foto seperti apa di smartphone? Semoga dengan 6 cara mengambil foto keren di atas, kamu bisa mengeksplor lebih jauh fungsi kamera smartphone-mu ya! Selamat mencoba jadi fotografer handal!

Saat ini 0 comments :