Bahaya Bersihkan Telinga dengan Cotton Buds

Wednesday, February 22, 2017 : 8:16:00 PM

Ketika membersihkan kotoran telinga, kerap kali kita menggunakan cotton buds. Padahal itu justru berbahaya untuk telinga. Sebagian besar dari kita sudah sadar tentang kebersihan dan tidak ada yang salah tentang hal itu. Tetapi ketika membersihkan kotoran telinga, kita sering kali melakukan sesuatu yang salah. Banyak ahli kesehatan dan spesialis telinga mengatakan bahwa membersihkan telinga dengan menggunakan cotton buds adalah salah.

Bukan hanya menyebabkan cedera ringan dalam telinga, tetapi beberapa fakta berikut ini yang harus membuat kita menghentikan penggunaan cotton buds untuk membersihkan telinga. 

Fakta 1 
Tahukan Anda bahwa kotoran telinga mengandung sifat anti-bakteri? Ya, itu ada untuk mencegah beberapa jenis infeksi. 

Fakta 2
Tahukah Anda bahwa kotoran telinga juga merupakan penolak serangga? Kotoran telinga juga melindungi telinga kita dari serangga yang mencoba untuk memasuki telinga. 

Fakta 3
Kotoran telinga menjaga telinga terlumasi
Kotoran telinga juga menjaga saluran telinga tetap terlumasi. Jika tidak, daerah itu menjadi kering dan bisa menyebabkan gatal.

Fakta 4
Tahukah Anda apa yang terjadi ketika kita mencoba untuk membersihkan telinga dengan cotton buds? Ya, itu bisa membahayakan gendang telinga karena menyebabkannya pecah. Dalam beberapa kasus, bisa menyebabkan gangguan pendengaran juga. Dan pula, kotoran yang ada di daerah luar terdorong ke arah dalam telinga dan justru semakin memburuk bagi telinga. 

Fakta 5
Telinga kita mempunyai cara sendiri untuk menghilangkan kotoran telinganya. Gerakan otot wajah yang rutin membantu telinga untuk membuat kotoran telinga keluar. Ketika kita menguap atau berbicara atau menggerakkan otot-otot wajah untuk tujuan lain, itu akan menggerakkan kotoran telinga. Nah, kotoran telinga yang sudah hampir keluar itulah bisa kita ambil dengan jari ketika mandi. 

Fakta 6
Jika kita terus membersihkan telinga dengan obsesif secara teratur, justru akan membahayakan. Ini bisa menyakiti bagian sensitif di dalam telinga dan juga menyebabkan infeksi. 

Sumber : boldsky

Saat ini 0 comments :