5 Stadion Megah di Indonesia yang Dirancang untuk Piala Dunia 2026

Thursday, February 23, 2017 : 3:07:00 AM

Sejak lama Indonesia punya mimpi menjadi tuan rumah Piala Dunia yang merupakan ajang sepak bola terbesar. Usaha mewujudkan itu PSSI pernah mendaftarkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022. Tapi keinginan itu harus pupus karena berbagai hal, salah satunya dukungan dari pemerintah dan masyarakat yang kurang.

Sebagai dukungan untuk Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026, Jafni Zul Fahmi & Fikri Izza Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, mendesain 5 stadion baru untuk Indonesia berstandar internasional untuk Piala Dunia 2026. Selain mendesain 5 stadion baru, mereka juga meredesain beberapa stadion Indonesia yang layak untuk dijadikan tempat pertandingan Piala Dunia.

Rancangan desain lima stadion baru yang mereka buat ada di 5 kota berbeda, yaitu Jakarta, Bali, Yogyakarta, Makassar, dan Semarang. Masing-masing mempunyai karakter sendiri. Bahkan mereka berdua memasukkan unsur budaya lokal di dalam rancangannya.

Lima stadion baru hasil desain Jafni dan Fikri itu dibuat secara detail. Selain bangunan yang mengambil unsur lokal, mereka juga membuat estimasi kapasitas penonton, jangka waktu pembangunan, lokasi yang direkomendasikan, jarak dari bandara, hingga penggunaan solar panel.

Stadion rancangan Jafni dan Fikri ini juga didesain dilengkapi dengan fasilitas olahraga lainnya. Selain itu, setiap stadion akan ada museum yang berisi kebudayaan Indonesia, khususnya daerah setempat.

Nah, berikut 5 rancangan stadion baru berstandar internasional untuk Indonesia guna pengajuan sebagai tuan rumah Piala Dunia 2026 yang didesain oleh Jafni dan Fikri:


Peluang Indonesia memang masih kecil untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia. Tapi mereka percaya Indonesia mampu menyebarkan semangat dan optimisme. Jadi ayo dukung Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026 !

Saat ini 0 comments :