Resiko Penggunaan Tato Pada Tubuh

Tuesday, January 17, 2017 : 5:50:00 AM

Resiko Penggunaan Tato Pada Tubuh - Sebagian orang menganggap tato identik dengan perilaku kriminal, sesuatu yang sangar, menakutkan,  namun sebagian orang juga menganggap tato sebagi sebuah seni. Tato memiliki arti dan makna yang berbeda bagi setiap orang. Tato memiliki arti dan makna tersendiri bagi adat diberbagai daerah. Namun tahukah Anda jika penggunaan tato memiliki konsekuensi jangka panjang?

Satu dari sepuluh orang mengaku pernah mengalami masalah dengan tatonya di antaranya terkena infeksi termasuk gatal-gatal, bengkak dan kemerahan. Menurut sebuah studi dari jurnal Contact Dermatitis, banyak orang mengaku bahwa pernah mengalami komplikasi pada tahap awal penggunaan tato.

Dr Marie Leger, seorang dermatologis di New York University Langone Medical Center, menyadari bahwa sejumlah fakta mengejutkan berasal dari pasien yang datang ke kliniknya karena bermasalah dengan tato mereka. Ia mulai bertanya-tanya bagaimana masalah ini bisa menjadi kompleks. Untuk memahami bagaimana hal itu bisa terjadi, Dr Leger dan rekan-rekannya memilih 300 orang bertato di New York Central Park dan mewawancarai seputar masalah yang dialami terkait tato mereka.

Sekitar 10 persen mengaku pernah mengalami beberapa komplikasi bakteri dan gatal-gatal. Sebanyak 6 dari 10 orang mengalami masalah kronis dan bengkak pada luka akibat tato selama bertahun-tahun. Bahkan, beberapa orang responden melaporkan bahwa ia merasa terganggu dengan hal tersebut.

Beberapa penelitian di Eropa menunjukkan bahwa tinta hitam sering mengandung pigmen berbasis karbon sedangkan pewarna merah kemungkinan mengandung senyawa nitrogen. Beberapa penelitian awal mengisyaratkan bahwa tinta ini dapat menyebabkan berbagai jenis reaksi. Penyebab masalah yang ditimbulkan oleh tato terkadang tidak bisa dijelaskan dan disamakan antara satu orang dengan yang lainnya.

Di luar dari risiko yang sudah banyak diketahui, harus diingat bahwa tato bisa menimbulkan komplikasi fisik. Sebaiknya segera konsultasi pada dokter agar mendapatkan perawatan yang tepat. Untuk mengatasinya, kemungkinan dokter akan memberi salep untuk gatal atau steroid oral untuk kasus yang lebih serius.

"Dan jika ingin menghapus tato, hapuslah di tempat yang terpercaya dan berpengalaman dalam proses tersebut. Karena jika tidak ditangani dengan tepat, bisa menyebabkan reaksi anafilakis. Hal ini mengacu pada reaksi alergi mematikan yang membuat menyempitnya saluran tenggorokan dan penurunan tekanan darah yang sangat berbahaya," pungkas Dr Leger.

Saat ini 0 comments :