Cara Membuat Layar Sentuh Smartphone Kembali Sensitif

Thursday, January 19, 2017 : 5:16:00 PM

Cara Membuat Layar Sentuh Smartphone Kembali Sensitif - Karena mengalami kontak langsung dengan pengguna, layar sentuh smartphone menjadi komponen smartphone yang cepat rusak. Entah itu dead pixel, hang, atau bahkan retak. Ada aja masalahnya.

Masalah yang paling sering dialami pengguna smartphone dengan layar sentuh adalah hilangnya sensitivitas layar. Dan masalahnya, mahal kalo ganti layar kan? Nggak usah panik, berikut cara layar sentuh smartphone kembali sensitif !

Cara Layar Sentuh Smartphone Sensitif

Begitu layar sentuh smartphone kamu sering ngadat, bisa jadi kamu langsung berpikir ganti smartphone baru. Padahal bisa jadi ngadatnya cuma sementara gara-gara ada gangguan hardware atau software. Dan biasanya bisa diatasi.

Adapun beberapa penyebab layar sentuh kurang sensitif yaitu:
  1. Arus listrik berlebih dari charger yang bukan bawaan.
  2. Terlalu banyak animasi diaktifkan.
  3. Pernah terbentur.
Untuk membuat layar sentuh smartphone kembali sensitif, coba beberapa cara berikut: 

1. Kurangi Skala Animasi di Layar 

Kecepatan skala animasi di smartphone sebenarnya tidak mempengaruhi sensitivitas layar, melainkan bagaimana software merespon setiap perintahmu. Semakin tinggi, semakin lama responnya sehingga terasa seperti sensitivitas layar hilang.

Untuk mematikan skala animasi layar, silakan masuk ke menu Settings > Developer Option. Cari Windows Animation Scale, Transition Animation Scale dan Animator Duration Scale, lalu ubah angkanya ke .5x ya! 

2. Install Pixel Fixer

Layar kurang sensitif juga bisa jadi tanda-tanda ada dead pixel di layar. Dengan dibantu rangsangan sinyal dinamis yang dihasilkan oleh aplikasi Pixel Fixer, selain memperbaiki dead pixel, diharapkan juga akan membuat layarmu kembali sensitif. Pixel Fixer bisa kamu unduh di Google Play. 

3. Berhenti Pake Charger yang Bukan Bawaan

Meski memiliki ukuran colokan yang sama, tetapi bukan berarti bisa asal pake charger smartphone orang lain. Soalnya bisa jadi arus listrik yang dihasilkan akan berbeda.

Arus listrik yang terlalu tinggi akan membuat lonjakan arus pada layar. Nah, arus listrik di permukaan layar ini akan membuat layar smartphone Android ngaco. Jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang bisa bikin layar kurang sensitif.

4. Cabut Tempered Glass

Karena takut layar pecah atau tergores, kamu pake tempered glass. Tapi tahukah kamu, tempered glass bisa mengurangi sensitivitas layar? Jika ingin layar smartphone kamu sensitif, cabut saja tempered glass-nya. Apalagi jika ternyata sudah retak.

Silakan coba semua cara layar sentuh smartphone sensitif di atas, untuk membuat layar smartphone kembali sensitif! Dan ingat, jika semua cara sudah dicoba tapi tidak berhasil, mungkin sudah saatnya kamu beli smartphone baru.

Saat ini 0 comments :