Diet Garam untuk Obat Darah Tinggi dan Ginjal

Monday, December 12, 2016 : 11:01:00 AM

Diet garam untuk obat darah tinggi dan ginjal - Kesehatan akan menjadi sesuatu hal yang mahal jika kita tidak mampu menjaga kesehatan tubuh. Kurangnya olahraga, makan makanan yang tidak sehat, gaya hidup yang tidak sehat akan membuat tubuh seseorang menjadi lemah, memiliki sistem imun yang lemah sehingga mudah terserang penyakit.

Penderita hipertensi (tekanan darah tinggi) dan penderita penyakit ginjal memiliki kondisi tubuh yang tidak normal. Kondisi tubuh penderita membutuhkan makanan dengan kandungan garam yang sedikit.

Penderita bisa melakukan diet garam. Pengurangan atau pembatasan jumlah garam / natrium klorida (NaCl), sodium karbonat, juga penyedap makanan (MSG) dalam makanan. Sangat dianjurkan bagi penderita untuk melakukan diet ini, membatasi konsumsi garam dapur (mengandung iodium) tidak lebih daripada 6 gram per hari ( kurang lebih satu sendok teh). Diet garam ini mempunyai tujuan yaotu untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi serta membantu menghilangkan penimbunan garam atau air dalam jaringan tubuh.

Diet ini sebenarnya tidak begitu sulit untuk dilakukan. Dengan pembatasan pemakain garam mungkin makanan yang Anda makan akan terasa kurang aedap, namun demi kesehatan Anda harus mampu melakukannya. Sesuaikan diet dengan penyakit yang diderita. Batasi konsumsi kalori, protein serta mineral, serta menyesuaikan garam natrium yang dibutuhkan oleh tubuh.

Untuk menunjang diet ini lakukanlah hal-hal berikut demi kelancaran diet Anda.

1. Usahakan untuk mengkonsumsi sayuran segar. Didalam seledri terdapat kandungan garam yang baik dikonsumsi penderita hipertensi. Manfaat Daun Seledri

2. Batasi pnggunaan garam pada masakan. Anda harus ingat batas konsumsi garam adalah satu sendok teh atau 6 gram perhari.

3. Jauhi makanan kaleng atau makanan kemasan karena mengandung banyak garam, anda bisa mencucinya terlebih dahulu agar kandungan garam berkurang.

4. Jauhkan garam di atas meja makan.

5. Makan buah segar. Buah segar memiliki kandungan rendah natrium namun kaya akan kandungan kalium.

6. Hindarilah penggunaan saus tomat, tauco, terasi, petis, MSG.

7. Anda bisa menggunakan rempah-rempah agar makanan tetap sedap walaupun tanpa penyedap dan pembatasan garam.

8. Jauhi makanan atau cemilan yang mengandung banyak garam.

Saat ini 0 comments :