Manfaat Menonton Film 3D Bagi Otak

Friday, December 2, 2016 : 9:06:00 PM

Manfaat menonton film 3D bagi otak - Menonton film memang menjadi sarana hiburan yang mudah dilakukan, namun tentu beda rasanya jika kita menonton film dalam format 3D. Film dalam format 3D memang berbeda dengan film format 2D. Menonton film tiga dimensi memang memberikan sensasi tersendiri dan tentunya lebih seru. Namun tahukah anda menonton dengan format 3D juga memberikan manfaat yang positif bagi kesehatan otak.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh tim dari Inggris, menonton film 3D dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif ( kognitif : ranah yang mencakup kegiatan mental / otak - pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sitesis, penilaian/penghargaan ).

Tim yang dipimpin oleh pakar neurosains dari Goldsmiths University, Patrick Fagan, menemukan peningkatan 23 persen dalam kemampuan pengolahan kognitif pada responden setelah mereka diminta untuk menonton film dalam format 3D.

Seperti dikutip dari The Guardian, Kamis (28/5/2015), 'dorongan' lebih pada otak ini muncul sekitar 20 menit setelah seseorang menonton film tersebut.

Selain itu, Prof Brendan Walker dari Thrill Laboratory juga mendukung hasil penelitian ini. Menurutnya, setelah menonton film aksi dalam format 3D, kemampuan seseorang untuk merespons meningkat lima kali lipat. Hasil ini didapat setelah dibandingkan jika responden menonton film dalam format 2D.

Dari sini para peneliti berkesimpulan bahwa menonton film dalam format 3D sesekali dapat dilakukan untuk mencegah penurunan dalam fungsi otak. Hal ini terutama berlaku bagi mereka yang berusia dewasa hingga dewasa tua.

Saat ini 0 comments :