Manfaat Mandi Dengan Air Dingin Bagi Kesehatan

Saturday, December 31, 2016 : 11:31:00 PM

Manfaat Mandi Dengan Air Dingin Bagi Kesehatan - Mandi memang sudah sepatutnya dilakukan setiap hari, mungkin Anda melakukannya 2 kali sehari atau mungkin lebih atau bahkan Anda mandi 1 kali saja dalam sehari atau lebih parahnya Anda jarang mandi dikarenakan rasa malas capek yang menghinggapi setelah pulang kerja atau setelah beraktivitas yang melelahkan.

Malas mandi tentu mempunyai dampak yang tidak baik bagi anda. Anda tentu dapat membayangkan betapa buruknya dampak tersebut untuk anda dan orang disekitar anda. Anda mungkin akan mudah terkena penyakit dan bau anda yang malas mandi akan sangat mengganggu orang disekitar anda.

Dibawah ini ada bebeapa manfaat  mandi air dingin bagi kesehatan. Mungkin setelah mengetahuinya akan segera merubah kebiasaan malas mandi menjadi rajin mandi. Mandi air dingin bisa dilakukan pada pagi hari, siang hari atau menjelang sore hari.

Jangan dibiasakan mandi air dingin pada malam hari karena punya efek yang tidak baik, bisa menyusutkan saraf dan tidak baik bagi tubuh. Pilihan alternatifnya adalah mandi dengan air hangat pada malam hari. Namun terlalu sering mandi air hangat juga berdampak kurang baik bagi tubuh, jadi harus bisa mengatur waktu mandi. 

Berikut manfaat mandi air dingin bagi kesehatan :

1. Menambah kekuatan sistem kekebalan tubuh
Paparan air dingin dapat memperkuat kekebalan tubuh, karena hal ini akan meningkatkan kadar sel darah putih dan tingkat metabolisme yang bisa mengurangi kemungkinan flu, dan bahkan beberapa jenis kanker.

2. Meningkatkan energi dan fikiran
Siapa pun yang pernah mandi air dingin pasti tahu, bahwa betapa itu sangat menyegarkan. Mandi air hangat memang nyaman, tapi pilihlah air dingin jika Anda ingin benar-benar bisa membangkitkan tubuh dan pikiran.

3. Meningkatkan sirkulasi darah
Mandi air dingin bisa meningkatkan sirkulasi darah, sehingga pada akhirnya meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, termasuk jantung dan membantu mencegah hipertensi, pengerasan arteri, dan mencegah varises.

4. Mengatur suhu tubuh
Mandi air dingin juga bisa  membantu mengatur suhu tubuh, yang bermanfaat untuk mengaktifkan sistem penyembuhan oleh tubuh.

5. Merangsang penurunan berat badan
Lemak ada dalam bentuk yang berbeda-beda.  Apa yang Anda makan adalah apa yang akan membuat pada tubuh Anda. Mandi air dingin akan mendorong produksi energi pembakaran lemak coklat (sebagai lawan dari lemak putih), dan bisa mempercepat metabolisme tubuh Anda.

6. Meminimalkan depresi
Selain merangsang pembakaran lemak tubuh, mandi air dingin juga bisa merangsang otak mengeluarkan noradrenalin, yang bisa meminimalkan depresi.

7. Meningkatkan gerakan limfatik
Sistem limfatik berperan penting untuk mengeluarkan limbah dan mengangkut sel darah putih untuk melawan infeksi, yaitu sebuah proses yang bergantung pada kontraksi otot. Mandi air dingin akan mendorong terjadinya kontraksi itu dan membantu sistem limfatik .

8. Memperdalam pernafasan
Mandi dingin bermanfaat juga untuk membuka paru-paru, sehingga bisa mengambil nafas yang dalam. Dengan demikian akan memungkinkan bagi tubuh untuk mengambil lebih banyak oksigen, dan mencegah kelelahan.

9. Meningkatkan produksi hormon
Jika Anda sedang mencoba untuk hamil, suruhlah pasangan Anda untuk mulai mandi air dingin. Paparan air panas yang sering bisa mengurangi jumlah sp*rma. Mandi air hangat bahkan digunakan sebagai kontrasepsi pada tahun 1950 an, meskipun hal ini tidak begitu populer

10. Menjaga kesehatan kulit dan rambut
Air panas bisa membuat rambut dan kuku menjadi kering. Tapi air dingin justru bisa membantu mengencangkan pori-pori, mendorong detoksifikasi(membuat kulit cerah), dan kutikula (yang membuat rambut sehat dan kuat).

Lawanlah rasa malas untuk mandi, jadilah jiwa yang sehat, kuat, penuh semangat.
Salam sehat dan semangat, semoga bermanfaat.

Saat ini 0 comments :