Lima Tips Agar Ponsel Tidak Mudah Panas dan Terbakar

Friday, December 2, 2016 : 4:04:00 PM

Lima Tips Agar Ponsel Tidak Mudah Panas dan Terbakar - Akhir-akhir ini kita sering mendengar kabar ponsel yang terbakar. Untuk itu, perlu cara merawat dan menjaga. Inilah lima tips agar ponsel tidak mudah panas dan terbakar.

Tentu kita masih mengingat berita mengenai seringnya Samsung Galaxy Note 7 yang terbakar. Sebenarnya, selain masalah dalam sistem operasi ponsel, ada beberapa hal yang membuat smartphone berpotensi terbakar. Salah satunya adalah overheating atau panas. Ini lima tips agar ponsel tidak mudah panas dan terbakar. 

1. Lepaskan Casing Smartphone

Siapa yang sangka jika casing bisa membuat smartphone terbakar? Terutama jika digunakan terus menerus, ini sangat mungkin. Oleh karena itu, sebaiknya casing dibuka, agar hawa panas yang ditimbulkan dari proses kerja bisa ke luar dengan mudah. 

2. Dilarang Mencharger Smartphone Semalaman

Sebenarnya ini tidak 100 persen benar. Sebab, smartphone dalam keadaan mati total diperbolehkan di-charger semalaman. Sayangnya sangat sedikit pengguna yang mematikan total smartphone ketika dicharger.

Jadi, jika Anda termasuk pengguna yang tidak bisa mematikan total smartphone, sebaiknya hindari mencharger selamanan. Selain merusak efisiensi baterai, ini juga bisa berpotensi terbakar. 

3. Jangan Letakan Smartphone di Atas Kasur dalam Keadaan Di-charge

Kebiasaan anak muda di zaman sekarang adalah menggunakan smartphone dalam keadaan apa pun bahkan ketika di-charge dan meletakkannya di atas kasur. Padahal menaruh smartphone di atas benda yang lembut seperti kasur atau sofa membuat mereka menyerap panas dengan cepat.

Jadi letakkan smartphone yang sedang di-charge di atas benda keras seperti lantai atau meja kayu. 

4. Jangan Biarkan Smartphone Terkena Sinar Matahari Langsung

Bagi Anda yang bekerja di lapangan terbuka, sebaiknya berhati-hati dalam menggunakan smartphone. Sebab, hal ini bisa membuat badan smartphone menjadi panas. Ditambah jika jumlah aplikasi yang beroperasi cukup banyak. Sinar matahari serta background aplikasi yang beroperasi bukanlah suatu kombinasi yang baik karena dapat meningkatkan hawa panas. 

5. Jangan Menggunakan Baterai dan Charger Palsu

Mungkin beberapa dari Anda masih mempertanyakan mengapa kita harus membeli barang yang original untuk perangkat smartphone. Jawabannya adalah aksesoris seperti baterai dan charger tersebut memiliki daya yang berbeda-beda pada setiap smartphone.

Barang dari pihak ketiga atau palsu bisa menyebabkan panas dalam sistem operasi smartphone. Barang yang asli saja belum tentu aman jika digunakan tidak baik, apalagi barang yang palsu. Jadi, jika Anda belum memiliki baterai dan charger asli sebaiknya segera dibeli.

Saat ini 0 comments :