Hal-Hal Unik Tentang Sungai Musi Di Sumatera Selatan

Thursday, December 1, 2016 : 12:22:00 PM

Hal-hal Unik Tentang Sungai Musi Di Sumatera Selatan - Sungai Musi adalah sungai yang terdapat di sumatera selatan. Merupakan sungai terpanjang yang berada di pulau Sumatera. Ikon yang sangat terkenal di sungai musi adalah jembatan Ampera yang terletak di Palembang.

Berikut Hal-hal Unik tentang Sungai Musi Di Sumatera:

1) Sungai musi merupakan sungai terpanjang di pulau Sumatera, sungai Musi termasuk dalam Batanghari Sembilan atau Sembilan Sungai besar yang termasuk dalam Batanghari Sembilan Itu Sungai Komering, Sungai Rawas, Sungai Leko, Sungai Lakitan, Sungai Kelingi, Sungai Lematang, Sungai Semangus, Sungai Ogan dan juga Sungai Musi.

2) Diperkirakan nama sungai Musi berasal dari Bajak Laut asal Cina yang berlayar ke Selat Bangka dan takjub akan kesuburan dari daerah Palembang, karena belum terdapat di peta sang captain memberikan nama pada sungai ini daerah yang mereka lihat subur membuat kapten kapal tersebut memberikan nama Mu CI yang berarti ayam betina. Pemberian nama Mu Ci karena ayam betina melambangkan kesuburan, kesetiaan dan keberanian dengan seiring berjalannya waktu nama Mu Ci berubah Nama Menjadi Musi hingga sekarang ini.

3) Sungai dengan panjang 750 km ini juga membuat kota Palembang terbelah menjadi 2 yakni seberang ulu dan seberang ilir. Sumber mata air sungai musi asalnya dari Kepahiang, Bengkulu.

4) Dahulu sungai musi ini memiliki 108 sungai sehingga membuat orang eropa menjuluki sungai musi sebagai tHE VENICE FROM EAST tetapi sekarang ini banyak aliran sungai musi yang sudah menghilang karena pendangkalan sungai yang semakin paran.

5) Selain itu ada kisah hantu yang melegenda di Sungai Musi Yakni Hantu Banyu, bagi anda orang Palembang pasti tidak asing dengan hantu banyu. Hantu yang dipercaya memiliki bentuk seperti manusia dengan rambut berlendir dengan menggunakan lender tersebut ia membuat orang yang dipinggir sungai terpeleset sedangkan di dalam air ia sudah menunggu. Setiap tahun pasti ada saja orang yang tenggelam di sungai musi mulai dari terpeleset tenggelam ataupun hanyut.

6) Hantu legenda mistis lain adalah Ikan Tapa Tembago yang memiliki bentuk mirip dengan naga. Ikan Tapa beberapa kali menampakkan dirinya dan dipercaya terus bersemayam di dasar sungai musi.

Demikianlah Hal-hal unik yang ada tentang sungai musi di palembang yang tentunya sangat menarik.

(Source: History of Nusantara)

Saat ini 0 comments :