Cara Mencegah Kanker Dengan Kebiasaan Hidup Sehat

Monday, December 5, 2016 : 12:40:00 PM

Cara Mencegah Kanker Dengan Kebiasaan Hidup Sehat - Mencegah terkena kanker, pada intinya semua itu tergantung dari pola makan dan pola hidup serta kebiasaan pada kehidupan sehari-hari. Menerapkan pola hidup sehat menjadi salah satu kebiasaan yang perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain meningkatkan kesehatan kebiasaan tersebut juga dapat membantu mencegah risiko kanker.  

1. Periksa Kadar Vitamin D

Asupan vitamin D dapat membantu diri mencegah kanker. Vitamin D adalah grup vitamin yang larut dalam lemak prohormon. Vitamin D dikenal juga dengan nama kalsiferol. Penamaan ini berdasarkan International Union of Pure and Applied Chemist (IUPAC). Di dalam tubuh, vitamin ini banyak berperan dalam pembentukkan struktur tulang dan gigi yang baik. Vitamin ini banyak ditemukan pada jeruk, stroberi, tomat, brokoli, dan sayuran hijau lainnya.

2. Batasi Konsumsi Daging

Para peneliti menyarankan untuk mulai membatasi konsumsi daging atau produk hewani, hal ini untuk menurunkan risiko kanker karena daging mengandung banyak lemak, yang bisa mengakibatkan kanker. Bila sulit menerapkan berhenti makan daging setidaknya cukup konsumsi daging satu kali alam seminggu. Penelitian dari Loma Linda University di California mengatakan vegetarian memiliki risiko yang lebih rendah terkena kanker.

3. Menjaga Berat Badan


Direktur Program Kanker Perempuan di City of Hope Comprehensive Cancer Center di Duarte, CA, Joanne Mortimer, MD mengatakan menjaga berat badan sangatlah penting untuk mencegah kanker. “Ovarium berhenti memproduksi estrogen setelah menopause namun karena lemak yang dikonsumsi akan menghasilkan estrogen. Dan wanita yang obesitas atau kegemukan akan berisiko kanker seperti kanker payudara, mulailah menjaga berat badan.

4. Rutin Berolahraga

Berolahraga dapat membantu menurunkan risiko kanker. Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan berolahraga metabolisme tubuh menjadi lancar sehingga distribusi dan penyerapan nutrisi dalam tubuh menjadi lebih efektif dan efisien. Para ahli di University of Minnesota mengatakan bergerak selama 30 menit maksimal lima kali dalam seminggu dapat mengurangi perkembangan sel kanker. Olahraga adalah aktivitas untuk melatih tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani tetapi juga secara rohani (misalkan catur).

Demikianlah informasi yang dapat mencegah resiko kanker. Semua tergantung dari pola makan dan pola hidup serta kebiasaan pada kehidupan sehari-hari.

(DailyHealthPost/ healthdetik.com/ dream.co/ wikipedia).

Saat ini 0 comments :