Cara Mencegah dan Menangani Baterai HP yang Kembung

Wednesday, December 28, 2016 : 1:11:00 AM

Baterai HP yang membengkak memang saat ini sudah menjadi momok yang menakutkan bagi setiap penggunanya. Tidak pandang bulu, baterai yang menggembung hingga dua kali ukuran aslinya menyimpan bahaya dan ketidaknyamanan kepada setiap orang yang mendapatkannya.

Agar smartphone kamu di kemudian hari tidak mendapatkan situasi tidak mengenakkan tersebut, maka baca artikel berikut ini.

Penyebab Baterai Menggelembung Pada Smartphone

Perilaku-perilaku seperti membiarkan smartphone di-charge terlalu lama, menelepon saat di-charge, membiarkan HP berada pada suhu ekstrem, dan faktor usia menjadi penyebab paling umum saat ini yang kemungkinan dapat membuat baterai HP menggembung.

Semua hal tersebut memang harus kalian usahakan untuk tidak dilakukan, mengingat baterai (terutama Lithium Ion) memiliki struktur yang tidak stabil. Baterai Li-Ion memang memiliki fleksibilitas yang tinggi untuk digunakan pada berbagai macam jenis gadget, namun ia memiliki kekurangan yaitu celah yang sempit antara sel dengan cover luar. Selain itu, baterai tersebut juga memiliki tekanan di dalamnya. 

Cara Menangani Baterai Kembung: 

Apabila kamu terlanjur mendapati bahwa baterai smartphone telah membengak, maka poin-poin berikut inilah yang seharusnya dilakukan:


Jangan Charge Atau Gunakan HP

Selalu ingat bahwa baterai yang menggembung memiliki risiko yang lebih tinggi saat digunakan. Ia lebih berbahaya ketika di-charge karena kondisi di dalamnya yang lebih tidak stabil. Jika kamu tetap membandel, maka siap-siap saja untuk mendapatkan baterai yang bocor dan meledak.

Cabut Baterai Dari HP

Baterai yang membengkak akan memiliki kemungkinan yang tinggi untuk memperbesar ukurannya di kemudian hari. Maka dari itu, jika kamu ingin menjaga kondisi hardware dari smartphone tidak terpengaruh, maka langkah paling mudah ialah dengan mencabut baterai dari smartphone.

Apabila smartphone dan baterai kamu bertipe non-removable, serahkan pada ahli untuk mencabutnya. jangan coba-coba untuk mencabutnya sendiri, atau garansi akan hilang, bahkan menciderai penggunanya sendiri.

Jangan Buang Baterai Gendut Sembarangan

Poin penting. Hindari tindakan untuk membuang baterai bengkak secara asal ke tempat sampah. Memang di Indonesia belum ada tempat yang khusus untuk mengolah sampah elektronik, terutama baterai. Akan tetapi bukan berarti kamu bisa membuang baterai malfungsi di mana saja.

Baterai harus diperlakukan khusus, entah itu dibuang secara kolektif atau disimpan secara hati-hati. Tapi ingat untuk tidak membuangnya ke tempat sampah. Apalagi jika tempat sampah tersebut rutin untuk dibakar.

Cara Mencegah Baterai Kembung:

Jagalah Suhu Perangkat Anda

Jenis baterai Lithium-ion sangat anti terhadap panas. Namun, kita tidak bisa menghindari beberapa kondisi yang menyebabkan baterai mudah panas. Misalnya, jangan memainkan smartphone diluar ruangan ditengah terik matahari, dan jangan men-charge gawai di dekat benda yang mengeluarkan panas.

Gunakan Charger Asli

Gunakan charger yang sesuai dengan tipe gawai Anda. Sebaiknya beli yang asli walaupun harganya agak mahal. Charger asli akan memberikan jaminan kualitas yang baik. Menggunakan charger yang tidak berkualitas menyebabkan baterai mudah rusak. Bisa jadi, baterai akan cepat terisi, namun mudah habis. Kondisi ini bisa mengakibatkan baterai mudah membengkak.

Ganti Baterai Lama Dengan Baterai Baru

Bila baterai Anda sudah menunjukan gejala kebocoran, sebaiknya diganti dengan yang baru. Bila model perangkat Anda merupakan unibody (baterai tidak bisa dilepas), Anda bisa segera melakukan servis penggantian baterai di toko resmi.  Mempertahankan baterai yang sudah usang akan berdampak buruk pada kondisi baterai itu. Ibasnya, perangkat Anda kemungkinan juga ikut rusak.

Jangan Terlalu Lama Mengisi Daya Baterai

Ini merupakan masalah umum setiap orang. Sering kali kita meninggalkan gawai dalam kondisi masih tersambung dengan charger selama berjam-jam.  Mengisi  daya baterai yang terlalu lama merupakan penyebab utama baterai menjadi kembung. Isilah baterai dengan bijak jika Anda menginginkan kondisi baterai yang tetap prima. 

Saat ini 0 comments :