Benarkah Rajin Olahraga Bikin Awet Muda?

Thursday, December 1, 2016 : 6:43:00 AM

Benarkah rajin olahraga bikin awet muda? - Setiap orang akan menjadi semakin tua dan akan semakin rapuh, tinggal bagaimana kita menjaganya agar tetap bugar diumur yang sudah tua. Awet muda tentu menjadi dambaan setiap orang. Walaupun umur sudah semakin tua namun masih tampak lebih muda dari umur yang sebenarnya, badan pun masih sehat segar dan masih kuat. Mulai kapankah penuaan itu terjadi?

Proses penuaan dimulai di usia 25-35 tahun, di mana pada umur tersebut hormon-hormon mulai berkurang. Paparan polusi udara, paparan sinar matahari, diet yang tidak sehat, asupan air dan nutrisi yang kurang, penyakit sistemik dan masalah fisik juga menyumbang penyebab lebih cepatnya penuaan seseorang.

Banyak orang melakukan berbagai perawatan dengan biaya yang cukup mahal untuk tampak lebih muda. Namun alangkah lebih baik jika Anda juga menjaga tubuh luar dalam. Anda bisa melakukannya dengan rutin berolahraga. Anda juga bisa melakukan gerakan dengan meletakkan posisi kaki diatas dan posisi kepala dibawah. Gerakan ini diyakini mampu membantu menghilangkan kerutan.

Orang yang rajin olahraga akan terlihat lebih segar dan awet muda. Bagaimana bisa hal itu terjadi?

1. Saat olahraga, jantung memompa darah lebih cepat dan pembuluh darah juga melebar, sehingga sirkulasi darah akan menjadi lebih lancar. Pembuluh darah pada kulit akan mendapatkan nutrisi yang cukup. Hal ini akan membuat proses penuaan menjadi berkurang.

2. Akan banyak keringat yang keluar bersama racun dan sisa pembakaran dalam tubuh saat berolahraga. Dengan keluarnya racun dalam tubuh maka proses metabolisme dan pengiriman nutrisi keseluruh akan lancar.

3. Seseorang yang berolahraga akan mengatur nafasnya, menghirup jumlah oksigen yang lebih banyak. Hal ini akan membantu sel untuk melakukan regenerasi.

4. Olahraga bukan hanya sarana untuk menjaga kebugaran tubuh namun juga bisa menjadi sarana rekreasi dan hal ini bisa mengurangi bahkan menghilangkankan stres. Setres juga sangat berpengaruh terhadap proses penuan. Stres yang berlebih dan tidak segera diatasi akan memicu terbentuknya radikal bebas yang akan menyebabkan oksidasi pada sel dan jaringan. Anda bisa berolahraga bersama teman atau keluarga, bersepeda atau lari pagi.

5. Orang yang rutin olahraga biasanya memiliki pola tidur yang baik dan cukup. Tidur yang baik dan cukup sangat dibutuhkan bagi sel untuk memperbaiki diri. Orang yang cukup tidur akan merasakan badan yang lebih bugar, wajah terlihat lebih segar.

Selain berolahraga Anda juga harus menjaga asupan nutrisi yang cukup bagi tubuh. Anda juga harus mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E agar kulit lebih sehat dan tampak lebih muda. Lindungilah diri Anda dari paparan sinar matahari yang berlebihan dan lindungi diri Anda dari radikal bebas.

Saat ini 0 comments :