Apakah Bersepeda Mempengaruhi Kesuburan Pria?

Sunday, December 25, 2016 : 9:12:00 PM

Apakah bersepeda mempengaruhi kesuburan pria? - Bersepeda merupakan bentuk olahraga yang mudah dilakukan. Mungkin akan terdengar aneh apabila Anda pernah mendapat berita bahwa bersepeda menyebabkan penurunan aspek kesuburan pada pria.

Secara umum, berolahraga tidak mempunyai efek buruk terhadap tingkat kesuburan pria. Justru berolahraga secara teratur dapat membantu beberapa keluhan terkait aspek fertilitas pria, seperti membantu ejakulasi dini atau perbaikan kualitas sperma.

Terkadang bersepeda dituding menjadi penyebab  rusaknya kesuburan seorang pria, akan tetapi hal ini tidak sepenuhnya benar. Anda tidak perlu terlalu khawatir apabila Anda bersepeda dengan baik dan benar.

Dugaan bahwa bersepeda dapat mempengaruhi kesuburan pria adalah melalui mekanisme penurunan kualitas sperma yang diproduksi. Penurunan kualitas sperma dapat terjadi karena dua hal, yaitu karena terjadi cedera atau trauma dan peningkatan suhu tubuh karena panas.

Trauma dapat timbul di daerah testis yang biasanya merupakan akibat dari benturan, gesekan atau juga penekanan yang lama dengan sadel sepeda. Peningkatan suhu dapat timbul akibat celana yang terlalu ketat dan tidak menyerap keringat serta gesekan yang timbul saat bersepeda, baik dengan tubuh maupun sadel sepeda.

Untuk menghindari dari akibat negatif tersebut tentu kita harus bersepeda dengan baik dan benar. Anda bisa bertanya dengan orang yang sudah berpengalaman bagaimana cara bersepeda yang baik dan benar. Gunakan sedel yang nyaman untuk Anda, pilih sedel yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Memilih sedel memang tidak mudah, namun harga biasanya menentukan kuwalitas, keamanan, dan kenyamanan. Gunakan celana yang khusus untuk bersepeda, gunakan bahan yang mudah menyerap keringat.

Satu hal yang penting Anda harus cukup air minum, air minum juga berfungsi menurunkan suhu badan. Jangan bersepeda terlalu lama, ada saatnya Anda harus beristirahat setelah itu Anda bisa melanjutkan bersepeda lagi.

Saat ini 0 comments :