6 Langkah Jitu Mengurangi Penggunaan Smartphone Secara Berlebihan

Monday, December 19, 2016 : 8:30:00 PM

Di zaman modern ini, smartphone seakan tidak bisa lepas atau jauh dari genggaman kita. Kadang penggunaan yang berlebihan dapat merugikan kita, sehingga langkah-langkah harus dilakukan untuk mengurangi penggunaan gawai ini.

Smartphone digunakan untuk berbagai fungsi selain menelpon. Dari membantu pekerjaan kita, menikmati berbagai hiburan audio visual, hingga sosial media yang “mendekatkan” kita dengan teman dan keluarga yang berjarak jauh dari kita.

Menurut riset yang dilakukan oleh Digital GFK Asia, waktu yang dihabiskan orang Indonesia pada smartphone adalah 5,5 jam per hari. Membaca berita, mendengar lagu, menonton film, atau chat menjadi beberapa hal yang sering dilakukan oleh pengguna smartphone.

Tentunya penggunaan berlebihan dapat berdampak negatif pada diri kita sendiri. Contohnya adalah permasalahan fisik seperti saki punggung, sulit tidur, gangguan saraf, serta permasalahan psikologis seperti stres dan cemas.

Karena itu kita harus bisa mengatasi penggunaan smartphone secara berlebihan. Berikut adalah 6 langkah jitu yang bisa digunakan.

1. Hapus aplikasi sosial media sebanyak mungkin

Kecuali bekerja dengan sosial media, memiliki banyak aplikasi jenis ini hanya akan menambah waktu penggunaan smartphone. Kita tidak perlu menggunakan semua sosial media yang disediakan oleh toko aplikasi sistem operasi kita!

Facebook, Twitter, Instagram, Path, Snapchat, Tumblr, dan Pinterest menjadi beberapa aplikasi sosial media yang populer berdasarkan tingkat penggunanya. Apabila Anda memiliki lebih dari tiga maka itu terlalu banyak. Cari sosial media yang paling favorit dan informatif kemudian hapus yang lainnya.

2. Matikan semua notifikasi dan pemberitahuan

Email dan sosial media akan selalu berdatangan dan memenuhi notifikasi smartphone kita. Matikan semuanya melalui pengaturan. Apabila belum bisa, atur dan batasi notifikasi.

3. Berikan batas waktu penggunaan sosial media

Kadang kita lupa waktu saat sedang melihat sosial media seperti Twitter dan Instagram. Atur waktu yang ideal saat melihatnya. Berikan batas maksimum dan jangan lihat kembali terlalu sering.

Tips menarik yang bisa diikuti adalah untuk melihat sosial media di komputer atau laptop. Habiskan waktu yang cukup lama seperti 10-20 menit kemudian jangan melihatnya kembali di smartphone

4. Jauhkan telepon sebelum tidur

Sebelum tidur kita dapat meletakkan smartphone kita jauh dari jangkauan. Kebiasaan memainkannya dapat membuat kita terjaga dan sulit tidur. Selain menjauhkannya, kita masih bisa terganggu suara notifikasi seperti chat, email, dan sosial media. Kita bisa mematikannya, apabila sanggup. Bagaimana dengan jam weker yang biasa membangunkan kita? Beli saja jam weker sesungguhnya untuk mengurangi penggunaan smartphone.

5. Ganti warna layar menjadi hitam dan putih

Smartphone seperti iPhone, Samsung, dan LG memiliki fungsi warna hitam dan putih pada layar yang bisa kita aktifkan. Saat dinyalakan maka seluruh visual di smartphone kita hanya akan memberikan dua spektrum warna. Dengan menjadikannya hitam dan putih maka kita akan mengurangi ketertarikan, kecerahan, dan perhatian yang diberikan oleh berbagai warnna asli di smartphone.

6. Airplane Mode

Mode ini dapat digunakan untuk mematikan sinyal telepon dan internet. Biasa digunakan saat kita berada di pesawat untuk memblokir keluar dan masuk pesan atau notifikasi lain.

Tersedia di smartphone seperti Apple, Samsung, Xiaomi, dan lainnya. Mematikan sinyal juga bisa dilakukan apabila gawai yang digunakan tidak memiliki fitur ini.

Hal ini menjadi langkah yang harus dilakukan apabila kita terlalu lama menggunakan smartphone. Sekali-kali gunakan mode ini seperti saat kerja, pergi dengan teman atau keluarga, hingga ingin melakukan aktivitas lainnya.

Saat ini 0 comments :