5 Makanan Untuk Kesehatan Otak Anda

Sunday, December 18, 2016 : 10:19:00 PM

5 Makanan Untuk Kesehatan Otak Anda - Demensia dan Alzheimer adalah dua penyakit yang dapat diderita saat terjadi gangguan pada saraf otak. Meski umumnya terjadi pada orang lanjut usia, bukan berarti anda bisa cuek dan mengabaikan kesehatan otak saat masih muda. Tindakan pencegahan sebaiknya Anda lakukan sejak dini. Salah satu yang dapat Anda lakukan adalah memperbaiki pola makan dengaan mengomsumsi makanan berikut ini dipercaya dapat meningkatkan kesehatan otak Anda.

1. Bayam

Sayuran hijau yang satu ini mengandung folat dan vitamin B6, yang sangat baik untuk melindungi kesehatan otak. Vitamin B juga terbukti dapat memperlambat penurunan fungsi otak, yang disebabkan oleh pertambahan usia.

2. Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung polifenol yang dapat meningkatkan daya ingat, dan mengurangi kerusakan pada otak. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Rush University Medical Center, Amerika Serikat, pada tahun 2015, membuktikan bahwa memasukkan minyak zaitun ke dalam diet, dapat mengurangi risiko Alzheimer hingga 53 persen.

3. Salmon

Salmon merupakan salah satu jenis ikan yang kaya akan omega 3. Penelitian yang dilakukan oleh University of Maryland Medical Center, Amerika Serikat, membuktikan bahwa omega 3 dapat mengurangi peradangan, menurunkan risiko penyakit jantung, meningkatkan kinerja otak, dan melawan depresi.

4. Buah beri

Blueberry, blackberry, stroberi, dan raspberry, adalah kelompok buah beri yang kaya akan antioksidan. Zat yang satu ini terbukti dapat meningkatkan kemampuan otak, dan melindungi otak dari radikal bebas yang berbahaya. Tubuh manusia tidak dapat memproduksi antioksidan, maka kita harus mendapatkannya dari makanan.

5. Bit

Bit mengandung nitrat yang dapat meningkatkan aliran darah ke otak dengan cara memperlebar pembuluh darah. Hal tersebut dapat meningkatkan kinerja otak. Anda dapat menikmati bit dengan cara mencampurnya ke dalam jus yang Anda buat sehari-hari.

Saat ini 0 comments :