5 Cara Alami Mengobati Hidung Tersumbat

Monday, December 19, 2016 : 9:44:00 PM

5 Cara Alami Mengobati Hidung Tersumbat - Hidung mampet jelas adalah kondisi yang begitu mengganggu, entah itu kita alami saat sedang beristirahat atau sedang beraktivitas. Ada beberapa penyebab hidung bisa mampet, seperti:
  • Alergi.
  • Sinusitis
  • Rendahnya tingkat kelembaban udara sehingga menyebabkan iritasi atau pembengkakan, 
  • Pilek atau flu.
  • Reaksi sistem kekebalan tubuh yang tak mampu mengatasi serangan jamur yang berada di udara.
Anda tak usah repot-repot mencari obat hidung mampet yang terbaik, karena di bawah ini adalah beberapa rekomendasi yang bisa Anda coba. Obat alami di bawah ini kiranya bisa membantu Anda untuk lebih nyaman ketika beristirahat dan beraktivitas tanpa terganggu oleh mampetnya hidung. 

1. Daun Kemangi

Lalapan satu ini cukup digemari dan pada umumnya, orang-orang menyantapnya karena suka atau bertujuan untuk mengatasi bau mulut. Rupanya, dengan mengunyah-ngunyah 3-4 lembar daun kemangi sebelum sarapan dan sebelum tidur malam, Anda bisa melegakan kembali hidung yang mampet. Anda juga bisa mencoba membuat teh daun kemangi yang kalau diminum efeknya pun sama berkhasiatnya ketika Anda menjadikannya sebagai lalapan. Meminumnya secara rutin bakal menjadikan hidung lega secara efektif. 

2. Jahe

Rempah ini sangat ampuh untuk yang sedang menderita penyakit batuk, namun tak salah juga bila Anda ingin mencobanya demi melegakan hidung yang mampet. Supaya hasilnya lebih maksimal, Anda bisa menambahkan lemon dan madu pada teh jahe Anda. Membuat teh jahe sangat gampang, cukup dengan parutan jahe dimasukkan ke dalam segelas air panas, tunggu sebentar, Anda bisa meminumnya setelah lebih hangat. 

3. Air Garam

Untuk mengobati hidung yang tersumbat alias mampet, Anda bisa menggunakan juga air garam hangat. Siapkan saja segelas air hangat yang kemudian bisa ditambahkan garam, larutkanlah dengan cara mengaduk-aduknya sampai rata. Tapi, air garam ini bukan untuk diminum.

Air garam hanya digunakan untuk berkumur beberapa kali. Biasanya air garam ini juga dianggap sebagai obat ampuh bagi yang sedang menderita penyakit batuk. Ketika Anda flu dan batuk, obat ini bisa diandalkan karena mampu melegakan penyumbatan di dalam saluran pernapasan sekaligus mengalirkan lendir yang sempat membeku atau menggumpal di dalam hidung. 

4. Lada Hitam

Untuk penyumbatan pada hidung dan saluran pernapasan, lada hitam siap membantu agar hidung tak mampet lagi. Anda bisa menggunakan sedikit lada hitam yang dicampur dengan 3 tetes minyak wijen. Setelah kedua bahan tercampur, Anda dapat mengoleskan campuran ini dengan jari pada area bawah hidung. Aromanya memang kuat dan malah akan membuat Anda bersin, tapi tak masalah karena setelah itu Anda akan merasakan kelegaan. 

5. Bawang Putih

Dalam meredakan masalah hidung mampet, bawang putih merupakan salah satu yang bisa diandalkan berkat antijamur dan antiviral di dalamnya. Rebus saja 2-3 siung bawang putih di dalam secangkir air yang kemudian dicampur bersama 1 ½ sendok teh bubuk kunyit. Minumlah setiap hari sampai penyumbatan pada hidung lega.

Saat ini 0 comments :