10 Sepeda Tercantik di Dunia

Wednesday, December 28, 2016 : 5:30:00 PM

Sepeda kembali populer sebagai roda transportasi dan kreativitas produksinya pun makin tinggi. Sejak tahun 1950 sampai 2007, produksi sepeda meningkat hampir 4 kali lipat. Sedangkan, produksi mobil hanya meningkat dua kali lipat pada periode yang sama. Menurut Earth Policy Institute (EPI) dari Amerika Serikat, dari sekian banyak model dan jenis sepeda, ada 10 sepeda tercantik di dunia.

Desain sepeda yang dinamis menjadi salah satu faktor berkembangnya industri sepeda, sehingga memenuhi hasyrat kepentingan life style. Namun, faktor utama meningkatnya sepeda adalah mahalnya bahan bakar, sesaknya jalanan, juga kesadaran akan lingkungan yang lebih baik dan gaya hidup sehat. 

Berikut 10 sepeda tercantik di dunia menurut EPI.

1. BSG Wood.b Duomatic

Asal produk: Prancis
Keterangan: Sepeda ini mengombinasikan material logam dan plywood. Meski begitu, sepeda ini termasuk tangguh dan tahan lama, karena juga digabung dengan aluminium. Beratnya hanya 35 lbs atau sekitar 15,8 kilogram.
Harga: 4230 dolar AS (sekitar Rp56,2 juta) 

2. Pashley Parabike

Asal produk: Inggris
Keterangan: Perusahaan ini sudah memproduksi sepeda sejak zaman Raja George V dan dikenal membuat model-model klasik. Pashley Parabike juga identik dengan sadel Brook, bel ding-dong dan keranjang. Gaya klasik tetap dipertahankan dan memiliki internal gear yang memberi alternatif ganti gigi.
Harga: 900 dolar AS (sekitar Rp11,9 juta). 

3. Vanmoof S Series

Asal produk: Belanda
Keterangan: Produsen sepeda Vanmoof mulai banyak diterima pasar sepeda sejak 2009. Produk mereka yang S Series dikenal karena indah, selain juga memiliki banyak kegunaan. Vanmoof S Series dilengkapi internal gear dengan 8 gigi yang memungkinkan pengendara melewati berbagai tanjakan.
Harga: 1.048 dolar AS (sekitar Rp13,9 juta)

4. Donky Bike
Asal produk: Inggris 
Keterangan: Sepeda ini memang didesain dengan prioritas kekuatan, kesederhanaan, dan kemampuan manuver di banyak medan. Sepeda ini sebenarnya terinspirasi oleh BMX dengan ban ukuran 20. Meski agak aneh, tapi desainnya dinominasikan oleh London's Design Museum untuk pemilihan Design of the Year. Sepeda ini cocok untuk membawa banyak abrang atau untuk tur.
Harga: 840 (sekitar Rp11 juta). 

5. Viks Steel Urban Cycle

Asal produk: Estonia
Keterangan: Ini sepeda fixie yang hanya memiliki satu speed. Sepeda buatan Velonia ini memang memiliki desain unik dan tak standar. Sepeda berbahan besi ini tak memiliki tube tengah dan sadel langsung menempel di bodi. Sedangkan handlebar juga unik, sangat pendek dan tanpa rem. Sepeda ini cocok digunakan di kota.
Harga: belum disebutkan 

6. GreenChamp Original

Asal produk: Singapura
Keterangan: Sepeda ini terbuat dari bambu yang dibuat oleh Kickstarter dan didanai oleh GreenChamp. Sepeda tanpa pedal ini lebih diperuntukkan untuk anak-anak, cocok untuk kepentingan belajar bersepeda.
Harga: 165 dolar AS (sekitar Rp2,1 juta) 

7. Cherubim HummingBird

Asal produk: Jepang
Keterangan: Sepeda ini sebelumnya diperuntukkan bagi atlet sepeda Jepang di Olimpiade 1968 Meksiko. Sepeda ini didesan oleh Shinichi Konno, putra pendiri Cherubim, Hitoshi Konno. Sepeda terbuat dari besi ini dibuat untuk mengenang dan terinspirasi sepeda 1968, tapi justru tampil cantik.
Harga: belum disebutkan 

8. Faraday Porteur

Asal produk: Amerika Serikat
Keterangan: Ini sepeda elektrik yang didesain seolah tanpa listrik. Padahal, sepeda ini memiliki baterai litium-ion yang dimasukkan di dalam tube. Dengan lampu LED, baterai sepeda ini bisa dipakai berjalan sampai 24 kilometer.
Harga: 3.500 dolar AS (sekitar Rp46,5 juta).

9. Engeenius Cykno

Asal produk: Italia
Keterangan:
Sepeda elektrik ini terbuat dari serat karbon dan memiliki berat 25 kilogram. Baterainya memiliki 250 sampai 500 watt. Dengan tubuh sepeda dibungkus kulit, sepeda ini tampak klasik tapi cantik. Kekuatan baterainya bisa membawa sepeda ini berjalan sampai 37 mil. Tapi, sepeda ini amat mahal dan di Italia nilai pajaknya lebih tinggi daripada Alfa Romeo MiTo.
Harga: 22.000 dolar AS (sekitar Rp292 juta). 

10. World Bicycle Relief Buffalo

Asal produk: Angola, Kenya, Zimbabwe, Afrika Selatan, Zambia, Kenya
Keterangan: Sekilas, sepeda ini biasa saja seperti sepeda umum. Buffalo merupakan cabang pabrik sepeda Amerika Serikat, World Bicycle Relief. Namun, sepeda ini dibuat oleh tangan-tangan terpilih dan terampil di beberapa negara di Afrika. Desain yang unik membuat Buffalo masuk 10 sepeda tercantik. 
Harga: 150 dolar AS (sekitar Rp1,9 juta)

Saat ini 0 comments :