Tips Untuk Menyaksikan "Lautan Awan" di Mangunan, Bantul

Wednesday, November 16, 2016 : 3:30:00 PM

Tips Untuk Menyaksikan "Lautan Awan" di Mangunan, Bantul - Mangunan adalah salah satu tempat wisata alam di Yogyakarta yang sangat menarik untuk dikunjungi. Disini kamu akan disuguhkan fenomena pemandangan lautan awan, kamu akan tampak seperti berada di negeri atas awan. Namun, untuk menikmati pemandangan tersebut kamu butuh momen yang tepat agar bisa melihatnya. 

Berikut Tips Untuk Menyaksikan "Lautan Awan" di Mangunan, Bantul:

Cuaca
Biasanya hamparan-hamparan kabut tersebut mudah ditemukan saat musim penghujan. Entah bagaimana menjelaskan secara teori, sehabis hujanderas semalam dan hujannya cepat reda kemungkinan kita bertemu hamparan kabutnya semakin besar. Namun jika hujannya awet atau lama redanya bertemu hamparan kabutnya semakin kecil.

Mengunjungi musim kemarau saya tidak pernah menemukan hamparan kabut, terkadang menemukan kabut dengan terpisah kecil-kecil bagai awan di langit. Terkadang hanya menemukan kabut tapi tipis, putih merata menutupi pemandangan perbukitan dan lembah sungai Oyo.pas waktu musim hujan, kabutnya kadang begini, misah-misah saat musim kemarau, sepi kabutnya :D 

Waktu
untuk dapat menemukan hamparan kabut tersebut lebih baik datang PAGI HARI. Biasanya jam 6 pagi saya sudah sampai sana. Perjalanan dari kota Jogja kurang lebih sekitar 1-1,5 jam perjalanan jadi berangkat dari Jogja sekitar jam 5 pagi.berangkat jam 6 lewat dari jogja dan sampai jam 7 lewat, juga masih menjumpai kabut ini :D 

Rute
Rute ini hal penting. Percuma sudah bangun pagi, pas berangkat kesana tidak tahu jalan menuju kebun Buah Mangunan dan waktu di pagi hari malah habis mencari alamat Kebun Buah Mangunan. Rute menuju Kebun Buah Mangunan dari Kota Jogja ambil ke jalan Imogiri Timur ikuti jalan tersebut hingga sampai mentok pertigaan pasar Imogiri, ambil arah kiri. Mulai dari sini kita tinggal mengikuti papan petunjuk arah yang mengarahkan kita ke Kebun Buah Mangunan. 

Bekal Makanan-Minuman
Ini penting, karena pagi hari warung di sekitar sana belum banyak yang buka sehingga bekal makanan-minuman perlu kita siapkan terlebih dahulu dari semalam. Dan jangan lupa, sampah makanan-minuman yang kita bawa harap di buang ketempat yang telah disediakan pengelola ya. 

Doa
Setelah sukses bangun pagi, perbekalan siap, jangan lupa berangkat diiringi dengan Doa agar selamat sampai ke rumah lagi dan dapat melihat hamparan kabut tersebut :) Semoga tips ini bisa membantu para pembaca menemukan Hamparan Kabut yang kalian cari. Tips ini ditulis berdasarkan pengalaman dan cerita orang-orang yang sudah sering berkunjung ke tempat tersebut.

Saat ini 0 comments :