Menghindari Mati Rasa dan Kesemutan Saat Bersepeda

Saturday, November 26, 2016 : 6:40:00 PM

Menghindari mati rasa dan kesemutan saat bersepeda - Bersepeda memang sangat menyenangkan tapi kita juga memperhatikan keselamatan diri kita sendiri. Jangan sampai karena terlalu asyik sampai melupakan hal yang penting. Seperti melupakan betapa pentingnya tangan kita agar terhindar dari mati rasa dan kesemutan dikarenakan karena tangan sudah sangat kelelahan ditambah dengan sepeda yang kurang pas dengan tubuh kita.

Maka dari itu perlu memperhatikan hal - hal sebagai berikut :

1) Memakai sarung tangan, sarung tangan memiliki bantalan yang menyerap guncangan dari dampak benturan jalan ke setang dan saraf median di tangan Anda.

2) Menggerakkan tangan dari waktu ke waktu, Anda tidak harus berpegangan di satu titik dari setang untuk jangka waktu panjang, hal ini menyebabkan vena median menjadi terjepit dengan permukaan setang dan memotong pasokan darah ke tangan.

3) Menaikan setang Anda atau mengubah setang MTB jenis Raiser, ini akan mengalihkan beban berat badan anda ke pusat sepeda atau sadel, sehingga beban yang didistribusikan secara merata pada sadel dan kaki, bukan pada vena median di tangan Anda.

4) Tekuk siku Anda sedikit, ini akan mengurangi tekanan tangan Anda ke pegangan setang dan juga membantu penyerapan goncangan ke bahu Anda.

5) Alihkan berat badan Anda ke sadel dengan duduk tegak sehingga meringankan tekanan tangan Anda ke pegangan setang.

6) Melonggarkan tali pengikat pada sarung tangan, beberapa orang mengikat tali sarung tangan terlalu ketat dan akhirnya memotong sirkulasi darah ke vena median pada pergelangan tangan.

7) Jangan menekuk pergelangan tangan Anda, beberapa orang menekuk pergelangan tangan mereka karena kebiasaan buruk, ini juga memotong sirkulasi darah ke vena median pada pergelangan tangan. Pada gambar di atas Anda melihat pergelangan tangan lurus yang tepat ketika memegang setang.

8) Memilih panjang setang yang tepat, cara yang tepat untuk mendapatkan pengukuran yang benar, adalah untuk mengukur lebar antara bahu Anda, dan pilihlah setang yang lebih lebar sedikit sekitar 10-15 cm pada setiap sisi, ini membantu mengajarkan lengan Anda untuk bersantai dan mengurangi tekanan tangan pada pegangan, yang juga memberi Anda lebih banyak kontrol ketika gowes.

9) Cek suspensi depan anda jika Anda naik sepeda gunung, suspensi mungkin sudah tidak aktif karena cairan minyak habis, sehingga tidak dapat lagi mencegah getaran dari jalan ke pergelangan tangan Anda melalui setang.

10) Melakukan pemeriksaan medis, kadang-kadang mati rasa datang dari beberapa masalah kesehatan yang Anda tidak sadari seperti diabetes, ganglions dan mungkin dislokasi vena median di pergelangan tangan Anda.

Kemudian pilihlah ukuran sepeda yang tepat untuk anda, karena ukuran yang salah akan mendistribusi berat badan anda secara tidak beraturan yang bisa berakibat beban berada di satu titik seperti dengkul, pergelangan kaki, pantat, dan pergelangan tangan.

Saat ini 0 comments :