Efek Negatif Smartphone Bagi Kesehatan Tubuh

Wednesday, November 16, 2016 : 6:10:00 AM

Efek negatif smartphone bagi kesehatan tubuh - Pada jaman yang semakin modern ini smartphone dibuat semakin canggih untuk memanjakan pengguna. Pengguna akan terlalu asyik dengan smartphone yang ada berbagai fitur yang semakin modern dan menyenangkan sehingga lupa waktu. Anda perlu tahu efek negatif dari terlalu sering menggunakan smartphone, sehingga Anda bisa mengantisipasi dari efek negatif tersebut. Efek negatif ini sering mncul karena terlalu sibuk dengan smartphone sehingga tidak begitu peduli dengan kesehatan 

1. Mual, pusing
Efek negatif ini muncul disebabkan tidak cocoknya antara sensor perasa, otak menerima rangsangan namun kondisinya tidak cocok dengan rangsangan yang diterima.  Orang yang mendapat efek ini akan merasa mual, pusing saat melihat layar smartphone. Hindari untuk terlalu sering melihat film action, hindari menggeser layar terlalu cepat, jangan juga terlalu sering main game dengan smartphone Anda agar terhindar dari efek negatif ini. Bagi Anda yang terserang migrain harus lebih berhati hati karena efek negatif ini rentan terjadi pada Anda. 

2. Nyeri
Rasa nyeri yang terjadi pada jari, pergelangan tangan dan lengan akibat penggunaan smartphone yang berlebihan. nyeri, yakni sering berkirim pesan, terlalu sering dan terlalu lama bermain game. 

3. Mata lelah
Mata lelah akan terjadi akibat dari penggunaan smartphone yang berlebihan. Rasa pedih, mata kering, sakit kepala dan iritasi merupakan akibat negatif yang paling sering muncul. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan segera mengistirahatkan mata Anda dengan jangka waktu tertentu, misal 20 menit sampai 30 menit sekali jauhkan mata Anda dari layar smartphone. Anda bisa melihat pemandangan disekitar Anda, kedipkan mata Anda. 

4. Rasa sakit di jari dan pergelangan tangan
Kebiasaan berkirim pesan yang berlebihan, bermain game berlebihan atau menggunakan smartphone berlebihan akan memicu rasa sakit di jari, pergelangan tangan, leher dan tulang punggung. Terlalu banyak melihat layar smartphone sambil berjalan, sangat sering menunduk dan membuat tulang belakang menanggung beban yang lebih berat. Usahakan untuk tidak menunduk saat menggunakan smartphone. Jika hal ini sering Anda lakukan akan berakibat serius meningkatkan resiko penyakit tulang belakang. 

5. Tangan bergetar
Merasakan smartphone bergetar padahal tidak terjadi apa-apa. Hal ni terjadi karena keadaan tangan yang sudah terlalu lelah. Jika hal ini terjadi tentu Anda tahu apa yang harus dilakukan, berusahalah untuk tidak memegang smartphone Anda, dengan kata lain jauhi smartphone agar bisa beristirahat.

6. Menimbulkan kecemasan
Anda merasa smartphone bergetar atau berdering yang menandakan adanya pesan atau telepon masuk, namun pada kenyataannya tidak terjadi apa apa dengan smartphoine Anda. Penelitian menyebut perasaan ini bisa jadi gejala adanya gangguan ansietas atau perilaku kompulsif. Berusahalah untuk menyediakan waktu untuk tidak selalu membawa smartphone. Hal ini akan melatih diri Anda untuk tidak cemas dan menghindari munculnya halusinasi.

7. Ketergantungan
Saat Anda tidak bersama smartphone, akan muncul perasaan sesuatu yang kurang dalam diri Anda. Anda akan sangat bingung saat tidak memegang smartphone Anda. Ketergantungan ini akan memicu rasa frustasi, Anda akan kebingungan apa yang harus dilakukan tanpa smartphone.

Luangkanlah waktu yang cukup bagi Anda untuk sejenak menghindari smarphone, gunakan waktu ini untuk beristirahat dari kesibukan dengan smartphone.

Saat ini 0 comments :