Cara Memotong Pelat Logam Dengan Alat Potong Manual

Saturday, November 12, 2016 : 2:36:00 PM

Cara Memotong Pelat Logam Dengan Alat Potong Manual - Untuk menghasilkan suatu bentuk potongan logam yang sesuai dengan gambar kerja, Anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis dan fungsi alat potong manual, kemudian mengikuti petunjuk cara menggunakan peralatan potong manual dengan benar. 

Ada beberapa jenis peralatan potong manual sebagai berikut:

1.  Gunting  Tangan

Ada berbagai macam gunting tangan yang dapat digunakan untuk memotong pelat logam. Gunting tangan sangat diperlukan apabila bentuk, konstruksi dan posisi benda kerja tidak dapat digunting dengan gunting mesin . Penggunaan gunting akan lebih mudah jika pemilihannya disesuaikan dengan bentuk jenis benda kerja yang akan dipotong. Berdasarkan penggunaannya, gunting tangan dapat dibagi menjadi dua kelompok yaitu gunting lurus dan gunting lengkung.

a.  Gunting Lurus
Gunting lurus dibuat dari baja tempa dan memiliki bentuk rahang lurus. Gunting ini digunakan untuk memotong secara lurus. Panjang rahang berkisar antara 50 mm-100 mm, sedangkan panjang seluruhnya 150mm sampai 375 mm. Kemampuan mengguntingnya 0,8mm dari tebal pelat.

 b.  Gunting Kombinasi
Gunting kombinasi hampir sama dengan gunting lurus. Dengan bentuk permukaan rahang yang khas memungkinkan gunting ini untuk memotong lengkung dan bentuk-bentuk yang lain.

c.  Gunting Ganda
Gunting ganda mempunyai dua sisi potong yang digunakan untuk memotong selebar 3mm dengan hasil rata. Gunting ini biasanya digunakan untuk membuat lubang panjang pada pipa.

d.  Gunting Lengkung
Gunting lengkung mempunyai sisi potong melengkung, digunakan untuk memotong lengkung atau berbentuk lingkaran. Ukuran dan bahan gunting seperti pada gunting lurus.

e.  Gunting Paruh Burung
Gunting Paruh Burung digunakan untuk memotong bentuk lingkaran dengan diameter kecil. Sisi potong gunting 50mm dan panjang seluruhnya 275 mm-325 mm dengan kapasitas  pemotongan 0,8 mm.

f.  Gunting Troyan
Gunting Troyan digunakan untuk memotong lurus dan lengkung. Sisi potong gunting ini cukup kecil yang memungkinkan pemotongan tajam tanpa membengkokkan pelat. Gunting ini dibuat dari baja tempa berkualitas tinggi dengan panjang 325 mm dan sisi potong 75 mm.

g.  Gunting Dirgantara
Gunting Dirgantara mempunyai panjang 250 mm dengan sisi potong 50 mm. Sisi potong dibuat dari baja yang dikeraskan. Gunting ini digunakan untuk memotong lengkung, lingkaran, lurus, dan bentuk-bentuk yang tidak beraturan.

Ada tiga macam bentuk gunting Dirgantara yaitu:

a. Gunting kanan


Gunting yang digunakan oleh orang yang mengerjakan dengan tangan kanan,  pemotongannya dapat dilihat dari sebelah kiri dan yang digunakan untuk memotong lingkaran

b. Gunting lurus

Gunting ini untuk memotong lurus

c. Gunting kiri

Gunting yang digunakan untuk memotong lingkaran oleh orang yang menggunakan tangan kiri, pemotongannya dapat dilihat dari sebelah kanan 

2. Cara menggunakan gunting tangan

•   Pegangi pelat logam dengan tangan kiri dan tangan kanan memegangi gunting (bagi yang bertangan normal, bagi yang bertangann kidal sebaliknya)
•   Tempelkan mulut gunting pada ujung garis
•   Katupkan mulut gunting dengan kuat sampai pisau gunting memotong pelat, buka mulut gunting dan katuokan lagi sampai seluruh pelat terpotong

Gambar Memotong dengan gunting tangan
c. Rangkuman

Alat potong manual adalah alat potong yang menggunakan tenaga tangan (manusia) murni. Alat tersebut untuk memotong pelat dari 0.5 sampai dengan 0.7 mm. Bentuk dan fungsinya bermacam-macam, ada yang berbentuk lurus untuk memotong lurus dan yang berbentuk melengkung untuk memotong lengkung atau lingkaran. Rata-rata bahan yang digunakan untuk membuat gunting adalah baja sehingga ketajamannya dapat tahan lama dan kuat untuk memotong pelat logam.

Saat ini 0 comments :