Cara Memulihkan Tubuh Setelah Sembuh Demam Berdarah

Wednesday, November 2, 2016 : 7:41:00 PM

Cara memulihkan tubuh setelah sembuh demam berdarah - Saat musim hujan tiba di tambah dengan cuaca ekstrem yang sering terjadi pada akhir-akhir ini tentu akan mempunyai dampak buruk, salah satunya demam berdarah. Demam berdarah merupakan virus yang dibawa oleh nyamuk, penyakit ini ditandai dengan demam tinggi, nyeri pada sendi, sakit kepala berdenyut, muntah, dan sakit mata. Demam berdarah akan sangat berbahaya jika tidak segera ditangani dengan benar. 

Setelah sembuh harus berhati-hati dalam menjaga pola makan, menghidari makanan goreng-gorengan dan pedas. Lalu bagaimana cara memulihkan kondisi tubuh setelah terkena penyakit demam berdarah? Anda dapat melakukannya dengan cara mengkonsumsi makanan-makanan seperti dibawah ini: 

Pisang 

Pisang merupakan sumber vitamin dan mineral, sumber yang kaya serat, vitamin C, zat besi, kalium, dan vitamin B6. Mengkonsumsi pisang dapat memberikan energi untuk tubuh serta mengisi ulang tenaga dari semua vitamin dan mineral yang hilang. Vitamin B6 dalam pisang berperan untuk sumber yang barik dari mangan, vitamin C, kalium, serat makanan, biotin, dan tembaga. 

Vitamin C 

Setelah sembuh sistem kekebalan tubuh menjadi lemah dan lamban. Diperlukan mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, seperti jambu, jeruk, stroberi dan pisang. 

Protein 

Demam berdarah memiliki efek yang parah pada tulang dan sendi. Diperlukan makanan yang kaya akan protein dan kalsium, makanan ini juga mudah dicerna, seperti telur, tahu, yoghurt, atau susu yang dikemas dengan protein dan kalsium kalsium, makanan ini cocok untuk Anda yang masih malas untuk menelan makanan-makanan berat pasca sembuh.

Bubur 

Sangat dianjurkan mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna hingga Anda benar-benar sembuh. Bubur atau makanan lunak lainnya bisa menjadi pilihan untuk tetap memberikan nutrisi penting dalam tubuh tanpa menekan sistem pencernaan terlalu keras. 

Almond 

Sangat disarankan untuk mengunyah beberapa almond setiap hari. Almond kaya akan vitamin E yang menjaga tubuh Anda aman dari virus yang akan masuk. 

Teh hijau 

Secangkir teh hijau panas untuk mengembalikan kesehatan tubuh setelah terkena virus demam berdarah. Teh hijau merupakan sumber minuman yang kaya akan antioksidan dan flavanoid, yang berfungsi untuk menjaga dari bakteri penyebab demam berdarah. 

Sup sayuran hijau 

Demam berdarah mengakibatkan dehidrasi pada tubuh,  Anda dapat memilih sup sayuran berdaun hijau atau Air kelapa.Sayuran daun hijau dapat mengatasi dehidrasi pada tubuh dan menambah kandungan vitamin serta mineral penting. Air kelapa merupakan sumber mineral dan nutrisi. Air kelapa dapat menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh Anda.

Semoga bermanfaat, semoga Anda tetap sehat dan semangat. Baca Juga: Cara Mencegah Demam Berdarah

Saat ini 0 comments :