Benda Yang Menjadi Sumber Kuman

Wednesday, November 9, 2016 : 6:22:00 AM

Benda Yang Menjadi Sumber Kuman - Benda apa saja yang bisa menjadi sumber kuman dalam kehidupan sehari hari. Setiap orang mempunyai kegiatan yang berbeda beda, maka kuman yang berada pada seseorang pun pasti berbeda beda.

Penularan bakteri bisa terjadi melalui benda yang kita pegang atau biasa kita pakai.Dengan perkembangan sanitizer dan sabun antibakteri pada saat ini memang bisa mengurangi perkembangan dan penularan kuman, namun terkadang hal itu tidak begitu efektif. Tidak semua benda bisa menjadi sumber penularan sumber kuman atau bakteri. Namun ada baiknya jika kita mengetahui benda apa saja yang sebaiknya kita gunakan sendiri. 

1. Topi, helm, bantal, spray, sisir
Benda benda ini bisa menjadi sumber penularan kuman, bakteri dan kutu. 

2. Sabun mandi Batang
Karena sabun batang ini tidak langsung kering antar penggunaan yang dapat menjadi sumber pertumbuhan bakteri dan jamur terutama di bagian bawah sabun. 

3. Sikat gigi
Sikat gigi merupakan sumber penularan kuman, bakteri yang tinggi. 

4. Deodoran
Bau yang dihasilkan dari metabolisme keringat oleh bakteri di kulit. Deodorant, memliki fungsi antibakteri dan mencegah bau sebelum muncul. Anti-perspirant, di sisi lain, hanya memliki efek mengurangi keringat dan tidak membunuh bakteri. Penggunaa satu deodoran untuk dipakai bersama orang lain maka dapat terjadi penularan dari bakteri dan jamur bahkan sel kulit dan rambut. 

5. Gunting Kuku, kutikel
Alat-alat yang digunakan untuk pedicure dan manicure seperti guting kuku, kutikel dan sebagainya ternyata merupakan sumber infeksi. Sumber infeksi ini terjadi bila terdapat luka pada kulit yang dapat mentransfer virus, bakteri dan jamur, bahkan beberapa penyakit seperti hepatitis C. Harus dipastikan bahwa alat-alat ini steril dan kalau bisa gunakan alat sendiri. 

6. Alat tata Rias & Make-up
Gunakan maskara dan lisptik untuk diri sendiri, karena jika orangbila jelas teman Anda ada infeksi seperti mata merah dan herpes. Namun ada yang menyebutkan bahwa, make-up yang menggunakannya terkena infeksi mata ataupun herpes Anda bisa tertular jika alat kosmetik tersebut terkena pada infeksi atau herpes tersebut. 

7. Pisau Cukur
Pisau cukur bisa saja melukai kulit yang dapat menghasilkan darah. Darah ini yang dapat menjadi sumber penularan penyakit. Kuman, bakteri dan virus bisa masuk kedalam tubuh melalui luka tersebut. HIV AIDS bisa menular lewat cara ini. 

8. Gelas maupun botol minuman
Berbagi minuman, dapat menjadi sumber penularan kuman penyakit flu, herpes, gondokan, meningitis, mono, dan strep throat. 

9. Anting-anting
Saat Anda memasukkan anting-anting maka terjadi gesekan pada kulit yang menyebabkan luka dapat menjadi sumber penularan virus melalui darah. 

10. Headphone atau earphone
Penggunaan earphone maupun headphone yang berlebihan dapat menyebabkan akumulasi dari bakteri di telinga dan bila terjadi penggunan bersama maka bayangkan saja berapa banyak kuman yang dapat tertular. 

11. Sarung tangan
Sarung tangan juga merupakan sumber penularan bakteri, sarung tangan akan menjadi sangat lembab jika tangan berkeringat. Bayangkan saja jika Anda menggunakan secara bergantian, berapa banyak bakteri yang terkumpul. Bakteri dan jamur akan mudaj tertular.

Masih ada benda benda lain yang bisa saja menjadi sumber kuman. Semoga bermanfaat salam sehat dan tetap semangat.

Saat ini 0 comments :