10 Kandidat Pelatih Sepak Bola Terbaik 2016 Versi FIFA

Saturday, November 12, 2016 : 6:55:00 PM

Inilah 10 nama pelatih yang masuk dalam nominasi peraih gelar Best FIFA Men's Coach award for 2016. Claudio Ranieri yang musim lalu sukses bersama dengan Leicester City di Premier League masuk dalam daftar ini.

Ranieri akan bersaing dengan beberapa nama sohor lain seperti Josep Guardiola, Luis Enrique, Diego Simeone, Zinedine Zidane hingga pelatih yang sukses mengantar Portugal menjadi juara Euro 2016, Fernando Santos.

Secara mengejutkan, beberapa nama yang banyak menuai prestasi tidak masuk dalam daftar ini. Sebut saja Unai Emery [Juara Liga Europa/ Sevilla], Massimiliano Allegri (Juara Serie A dan Coppa Italia/ Juventus) dan Juan Antonio Pizzi (Juara Copa America/ Chile).

Nama mereka kalah bersaing dengan Jurgen Klopp (Liverpool) dan Mauricio Pochettino (Tottenham) dan bahkan yang tidak mampu memenangkan satu pun gelar ikut masuk dalam nominasi ini. Berikut
Daftar 10 Kandidat Pelatih Sepak Bola Terbaik 2016 Versi FIFA:

1. Chris Coleman (Wales)

Seorang manager dan mantan pemain sepak bola berkebangsaan Wales, sejak 19 Januari 2012 hingga saat ini ia mengemban tugas sebagai manager timnas Wales.

2. Didier Deschamps (France)

Pria berumur 48 tahun ini merupakan seorang mantan pemain sepakbola profesional berkebangsaan Perancis yang saat ini dipercaya untuk melatih timnas Perancis. Karirnya sebagai seorang pelatih sepakbola tidak perlu diragukan, beberapa klub seperti Marseille, Nantes, FC Orondis de Bordeaux, Olympique de Marseille, Juventus, dan Valencia FC sudah pernah ia jajaki.

3. Pep Guardiola (Manchester City)

Berasal dari daerah Barcelona, Spanyol, 45 tahun lau. Dia seorang mantan pemain sepak bola Spanyol berposisi sebagai gelandang bertahan dan pernah bermain untuk timnas Spanyol. Pria berkepala pelontos ini pernah melatih Barcelona sejak 2008 hingga Juni 2012 dan mulai awal musim 2013-14 menjadi pelatih FC Bayern Munchen serta klub yang dilatihnya saat ini yaitu Manchester City.

4. Jurgen Klopp (Liverpool)

Pelatih ini paling suka melakukan selebrasi atraktif saat melatih di klub manapun. Sosok manager yang lahir 49 tahun yang lalu di Stittgart, Jerman adalah pelatih yang pernah melatih Borrusia Dortmund dan saat ini dia melatih Liverpool FC.

5. Luis Enrique (Barcelona)

Berasal dari daerah Gijon, 46 tahun yang lalu dia merupakan pemain sepakbola asal Spanyol yang saat ini menangani salah satu klub terhebat dunia asal Spanyol, yaitu Barcelona.

6. Mauricio Pochettino (Tottenham Hotspur)

Seorang mantan pemain sepakbola asal Argentina yang berumur 44 tahun, pernah melatih di klub RCD Espanyol di La Liga Spanyol, Southampton FC dan saat ini melatih klub London Utara, yaitu Tottenham Hotspur

7. Claudio Ranieri (Leicester City)

Pelatih asal Italia yang berumur 65 tahun ini sempat tidak dilirik karena menangani klub yang dua tahun lalu hampir didegradasi di Liga Premier Inggris, namun tahun lalu dia bisa memberikan keajaiban bagi klub promosi hingga juara Liga Premier Inggris yaitu Leicester City yang hingga saat ini masih dilatihnya. 

8. Fernando Santos (Portugal)

Pria ini lahir di Lisbon, yang kini berumur 62 tahun dengan gaya kepelatihannya yang sabar mampu membawa timnas Portugal tahun ini menjuarai Piala UEFA UERO 2016 di Perancis.

9. Diego Pablo Simeone (Atletico Madrid)

Pria parlente yang lahir di Buenaos Alres, 46 tahun lalu ini pernah menjadi pemain timnas Argentina yang meraih 106 penampilan dan mencetak 11 gol serta menjadi posisi gelandang bertahan. Saat ini dia melatih klub asal Spanyol, yaitu Atletico Madrid.

10. Zinedine Zidane (Real Madrid)

Seorang pemain legendaris asal timnas Perancis yang kini berumur 44 tahun dan populer dengan panggilan Zizou. Posisinya adalah gelandang menyerang sewaktu bermain dan saat ini dia melatih di klub Real Madrid dan membawa klub menjuarai piala bergengsi liga Champions Eropa musim lalu.

Pagelaran Best FIFA Men's Coach award for 2016 ini dihelat usai kerjasama FIFA dengan France Football untuk penghargaan Ballon d'Or.

Saat ini 0 comments :