Valentino Rossi Ungkap Penyebab Jatuhnya Di Race Motegi Jepang

Monday, October 17, 2016 : 9:15:00 PM

Penampilan yang kurang baik Valentino Rossi di Motegi Jepang turut memuluskan langkah Marc Marquez untuk menjadi juara MotoGP 2016.

Sebelum MotoGP Jepang, Marquez sejatinya sudah berada di garis terdepan perebutan gelar juara dunia walaupun secara matematis peluang juga masih dimiliki oleh Rossi dan rekan setimnya di Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo.

Memang ada peluang Marquez memastikan gelar juara dunia musim ini di Motegi, dengan tiga seri tersisa, tapi jika mencermati syaratnya hal itu tidaklah mudah: rider Repsol Honda itu di harus berjaya di Motegi, yang belum pernah ia menangi sebelumnya, sedangkan Rossi tak meraih lebih dari satu angka sedangkan Lorenzo tidak naik podium.

Akan tetapi, pada prosesnya skenario itu terwujud. Marquez mengunci titel setelah Lorenzo mengalami crash saat lima putaran terakhir, menyusul Rossi yang juga sudah terjatuh sebelumnya. Pada kejadian itu kaki Rossi juga sempat terhimpit motor dan sulit berdiri.

"Pertama-tama saya ingin mengatakan bahwa saya baik-baik saja, untungnya tidak mengalami masalah apa-apa. Di sisi lain itu disayangkan sekali karena saya cukup tangguh dan melaju dengan bagus," kata Rossi di Crash.net.

"Sayangnya start saya tidak fantastis dan saya kehilangan posisi dari Marquez dan Lorenzo. Setelah itu Marquez sedikit lebih cepat dari saya untuk menyalip Lorenzo, saya sedikit kehilangan waktu di belakang Lorenzo tapi lajunya masih bagus.

"Saya mampu berusaha memperkecil jarak dan mengejar Marquez, tapi sayangnya saya kehilangan kendali bagian depan motor. Jujur saja saya tidak merasakan apa-apa, tidak kelewat cepat, tak terlalu lebar atau ke dalam, tapi saya tetap kehilangan kendali di depan dan logikanya saya sudah membuat sebuah kesalahan," tuturnya.

Hal tersebut membuat Rossi kini resmi kembali mengalami kegagalan menambah koleksi gelar juara grand prix-nya yang kini berjumlah sembilan. Musim lalu kampiun tujuh kali kelas primer itu juga sempat bersaing ketat sampai seri terakhir walaupun akhirnya harus puas jadi runner-up klasemen akhir saja.

Saat ini 0 comments :