Tips Menjaga Mata Agar Tetap Sehat!

Thursday, October 13, 2016 : 2:21:00 AM

Dengan mata, berbagai aktivitas kita dapat dilakukan dengan lebih mudah. Untuk itu, menjaga kesehatan mata harusnya menjadi priorits utama kita. Apalagi jika kita sering bekerja dengan layar digital dalam waktu cukup lama.

Mata merupakan organ pada tubuh kita yang sangat berharga. Dengan memiliki mata yang sehat, maka kita dapat melihat keindahan dunia beserta isinya. Untuk itulah, kita harus menjaga dan merawat kesehatan mata agar tidak mengalami berbagai penyakit atau masalah kesehatan lainnya seperti rabun jauh, presbiopi, miopi maupun hipermetropi. Berikut ini tips mudah menjaga kesehatan mata anda.

- Sering bekerja dengan komputer? Sering melihat layar digital dalam waktu lama? Sering bekerja di depan layar digital dapat membuat mata Anda cepat lelah dan kering. Untuk itu Anda dapat mempraktikkan aturan 20-20-20 yang telah disepakati oleh para ahli sebagai cara untuk menjaga mata tidak terlalu ‘tersiksa’. Setiap 20 menit, istirahatkan mata Anda dengan melihat ke kejauhan sejauh 20 kaki (6 meter) selama 20 detik.

- Pencahayaan yang cukup, jangan mengunakan pencahayaan terlalu gelap ketika belajar atau membaca apapun itu. Karena penerangan yang kurang dapat menggangu kesehatan mata.

- Jangan Sambil Tiduran. Usahakan tidak membaca buku atau teks apapun dalam kondisi sambil tiduran. Ini juga dapat membuat kesehatan mata terganggu seperti dapat terkena miopi.

- Perhatikan Jarak Membaca. Usahakan saat membaca pada jarak yang ideal. Jarak ideal yang dimaksud yaitu pada jarak 30 cm. Hal ini untuk mencegah penyakit mata seperti miopi atau rabun dekat.

- Jangan hiraukan keluhan mata gatal dan merah, atau kelilipan. Tangani dengan tetes mata atau dengan membilas mata dengan air bersih. Jangan menggosok-gosok mata jika keluhan terus mengganggu. Kunjungilah dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

- Gunakan kacamata, radiasi sinar matahari dapat menyebabkan katarak pada mata berkembang lebih cepat. Untuk itu, jika Anda berada di luar ruangan, gunakanlah kacamata surya yang melindungi Anda dari UV-A dan UV-B. Topi atau paying juga dapat membantu melindungi mata Anda dari sinar ultraviolet.

- Tidur secukupnya, semua bagian tubuh kita memerlukan istirahat sesudah bekerja seharian, termasuk juga mata kita. Dengan tidur secukupnya (sekitar 6-8 jam perhari ) berarti anda telah memberikan istirahat yang baik pada mata anda. Perlu anda cermati juga durasi dan kualitas tidur anda sangatlah berpengaruh pada mata. kurang tidur atau tidur tak lelap dapat membuat mata indah anda tampak kusam serta tak segar.

- Minum air putih yang cukup sekitar 8 gelas per hari. Dengan minum air putih yang cukup dapat memberi kemilau pada mata secara alami. Apabila tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan air, maka bakal membuat pancaran mata anda terlihat lesu,sayu, serta kering.

- Mengompres dengan handuk dingin,untuk menangani mata yang terasa gatal atau merah, anda dapat mencoba dengan tips kompres dengan handuk dingin, celupkan handuk kecil ke air dingin, selanjutnya kompres mata sampai handuk terasa hangat, ulangilah sampai gatalnya mereda.

- Makanan sehat untuk mata, kesehatan mata dipengaruhi oleh kesehatan sel-sel saraf dan juga pembuluh darah. Untuk itu, makanan-makanan yang baik untuk kesehatan aliran darah juga dapat dikonsumsi seperti buah-buahan, sayuran hijau gelap dan gandum. Makanan tinggi kandungan Zinc seperti kacang-kacangan, daging merah tanpa lemak, daging unggas dapat melindungi mata dari kerusakan karena cahaya. Vitamin A membantu sel-sel penglihatan.

- Pemeriksaan mata rutin, jangan anggap remeh pemeriksaan mata rutin, meskipun Anda tidak memakai kacamata. Usahakan untuk memeriksakan kesehatan mata paling tidak 2-3 tahun sekali jika Anda tidak memiliki keluhan. Namun jika Anda memakai kontak lensa, mengidap diabetes, tekanan darah tinggi dan memiliki riwayat penyakit mata dalam keluarga, maka pemeriksaan 1 tahun sekali sangat dianjurkan.

Saat ini 0 comments :