Manfaat Tidur Siang Untuk Kesehatan

Sunday, October 16, 2016 : 10:47:00 PM

Manfaat tidur siang ternyata dapat menyembuhkan dan menghindari berbagai penyakit berbahaya, tidur siang tidak selamanya berbahaya bagi manusia. Kebanyakan orang-orang mengabaikan pentingnya tidur siang walaupun hanya sekedar 1 jam saja. Padahal tidur siang merupakan relaksasi tubuh dari segudang aktivitas yang dikerjakan dan untuk menenangkan saraf-saraf yang tegang akibat aktivitas yang di jalani.


Penelitian di Australia menemukan tidur siang 10 menit sudah cukup membantu memulihkan diri dari tidur malam terbatas. Dan juga merasakan kantuk yang berkurang, fisik yang lebih kuat, dan menunjukkan kinerja kognitif yang membaik selama 155 menit setelah tidur siang.

Meskipun tidur siang selama 20 sampai 30 menit memberikan manfaat, tetapi perbaikan kognitif membutuhkan waktu lebih lama. Temuan tersebut berhubungan dengan penelitian yang dilakukan oleh John Groeger, profesor psikologi dari University of Hull di Inggris.

Mungkin tak banyak orang yang mengetahui bahwa tidur siang yang kita lakukan banyak sekali bermanfaat bagi kesehatan anda. Untuk itulah, perlunya tips kesehatan mengupas tentang berbagai manfaat tidur siang tersebut. Sehingga pembaca lebih memiliki informasi yang mungkin sangat berguna bagi kesehatan tubuh anda. Berikut ini manfaat luar biasa tidur siang bagi kesehatan anda :

1. Relaksasi

Tekanan yang berlebihan saat sedang bekerja atau belajar akan memberikan pengaruh yang buruk terhadap tubuh. Stress akan membuat kita lebih rentan terkena infeksi virus dan penyakit dari luar.

Tidur siang bisa membantu kamu menjadi lebih rileks dan tenang. Terlebih jika kamu sedang marah atau kesal terhadap seseorang, tidur siang akan mengurangi tingkat emosi di dalam dirimu. Tak hanya itu, ketika bangun nanti kamu akan merasa tubuh dan pikiranmu menjadi lebih segar.

2. Meningkatkan Kewaspadaan

Ada saatnya ketika kelopak mata sulit terbuka, terutama setelah makan siang dan anda mengalami kantuk berat. Jika sudah begini, anda tentu tidak melakukan pekerjaan dengan baik dan cepat. Setidaknya luangkanlah waktu untuk tidur siang dan kemudian kembali melanjutkan aktivitas seperti semula.

Sebuah studi dari NASA menemukan bahwa 40 menit tidur siang akan meningkatkan kewaspadaan sampai dengan 100%. Penelitian lain menemukan bahwa 20 menit tidur siang lebih efektif daripada 200 mg kafein atau olahraga. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa pilot yang diizinkan untuk tidur siang selama 25 menit (digantikan co-pilot) melakukan kesalahan lebih sedikit selama take-off dan pendaratan.

3. Menigkatkan Mood

Neurotransmitter serotonin mengatur suasana hati, tidur, dan selera kita, ia juga menghasilkan perasaan kepuasan dan kesejahteraan. Tapi ketika tubuh kita stres, serotonin yang digunakan juga lebih tinggi dan sementara produksinya berhenti. Akibatnya, kita bisa menjadi cemas, mudah marah, depresi, kewalahan, dan mudah terganggu. Menurut Mednick, “tidur siang menggenangi otak dengan serotonin, membalikkan efek tersebut dan menciptakan pandangan yang lebih positif.”

4. Meningkatkan Fungsi Indera dan Kreativitas

Menurut ilmuwan napologist, Sara Mednick C., tidur siang dapat meningkatkan persepsi sensorik sama efektifnya seperti tidur malam. Manfaat tidur siang juga meningkatkan kreativitas dengan memberikan berbagai ide baru dan membuka wawasan yang ada di otak anda.

5. Mengatasi Insomnia

Tidur siang ternyata mampu mengobati insomnia (susah tidur di malam hari). Kebiasaan gejala susah tidur saat malam hari ini tidak baik bagi kesehatan. Tubuh pun perlu istirahat dan memejamkan mata hingga terlelap, jika hal sepele ini diabaikan maka bersiap anda akan terkena kelelahan, daya ingat menurun, sulit untuk berkonsentrasi, hingga pada penurunan kualitas kerja dan sampai meningkatkan risiko kecelakaan.

Tentu ini akan sangat berbahaya bukan hanya untuk diri sendiri, namun juga untuk orang sekitar, tidur siang merupakan obat penganti sulit tidur malam hari yang biasa kita sebut insomnia.

6. Mengurangi Stress

Stress merupakan salah satu sumber penyakit berbahaya lainnya seperti gangguan syaraf dan jantung. Banyaknya aktivitas yang di kerjakan, otak menjadi lebih tegang karena terlalu banyak berfikir secara terus menerus, bisa menjadi beban bagi otak dan membuat stress yang berlebihan. Betapa pun banyaknya aktivitas yang dijalani, sebaiknya dapat tidur siang beberapa menit saja. Hal ini dikarenakan tidur siang dapat mengoptimalkan seluruh organ tubuh untuk kembali menjalani aktivitas dengan lancar.

7. Mencegah penyakit jantung & stroke

Tidur siang pun ternyata juga mampu mencegah penyakit jantung, bayangkan jika kita sedang memaksakan diri untuk tidak tidur, padahal mata sudah “5 watt” pasti yang terjadi adalah jantung akan berdetak lebih kencang. Selain itu yang lebih parah lagi jika anda memaksakan meminum kopi atau minuman energi yang mengandung kafein tentu pasti berakibat buruk. Jika melakukan tidur siang singkat selama 20-40 menit setiap harinya akan dapat mengurangi resiko penyakit jantung serta stroke.

8. Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Kurang tidur menyebabkan kelebihan hormon kortisol dalam tubuh. Kortisol, yang dikenal sebagai hormon stres, membantu kita dalam respon anggota tubuh. Kelebihan kortisol meningkatkan intoleransi glukosa dan lemak perut, melemahkan sistem otot dan kekebalan tubuh, Mengurangi tingkat hormon pertumbuhan dan testosteron pada tubuh kita akan membantu mencegah hal ini. Efek dari kelebihan hormon ini akan merusak dan dapat menyebabkan diabetes dan penyakit jantung.

9. Meningkatkan Produktivitas

Orang yang sudah lelah, jika terus di paksakan akan menghasilkan pekerjaan yang sangat tidak baik. Tidur siang adalah salah satu solusi untuk meningkatkan produktivitas.

10. Menambah Daya Ingat

Sudah mulai pikun atau sulit mengingat hal-hal sepele seperti nomor telepon atau nama seseorang? Mungkin kamu harus mempertimbangkan untuk sedikit meluangkan waktu untuk tidur siang melalui sekarang.

Sebuah studi yang belum lama ini dilakukan mengklaim bahwa tidur siang memiliki pengaruh yang cukup signifikan terdapat daya ingat. Penelitian dilakukan dengan membandingkan kondisi mereka yang tidur siang dan tidak. Hasilnya, mereka yang tidur siang rupanya memiliki daya kognitif dan cakupan memori yang lebih bagus dibanding mereka yang tidak.

11. Menurunkan Tekanan Darah Di Dalam Tubuh.

Mendapatkan tubuh yang sehat tidak hanya cukup dengan olahraga, namun juga istirahat teratur. Tidur siang merupakan salah satu cara yang tepat untuk itu. Terlelap untuk sesaat di siang hari diklaim bisa menurunkan tekanan darah di dalam tubuh.

Namun demikian, para peneliti masih belum bisa memberikan penjelasan secara tegas dan pasti, mengapa hal tersebut bisa terjadi. Kemungkinan ketika kita tidur, tubuh tak lagi bekerja secara penuh dan hal tersebut membuat organ-organ menjadi lebih segar ketika kita bangun.

12. Bagi anda yang bekerja di depan computer seharian, sangat disarankan agar melakukan aktivitas tidur siang karena cara ini dapat membantu dalam menjaga kesehatan mata anda. Sehingga daya penglihatan pun akan kembali pulih dan dapat melanjutkan aktivitas kembali.

13. Hemat

Tak sedikit orang yang menghabiskan banyak uang untuk membeli kopi, minuman berenergi, atau suplemen bermerek lainnya, dengan harapan bisa membuat tubuh menjadi lebih segar dan bekerja secara maksimal.

Namun selain tidak bagus untuk tubuh, solusi semacam ini juga tidak ramah di kantong. Untuk hasil yang lebih baik dan maksimal, tidur siang lebih disarankan. Hanya dengan memejamkan mata selama 15 hingga 30 menit, kamu akan merasa lebih segar dan siap beraktivitas lagi.

14. Pengganti Jam Tidur

Penelitian menunjukan bahwa kamu tidak akan pernah bisa membayar 'utang jam tidur'. Namun tetap saja, tidur siang amat bagus bagi mereka yang kurang mendapat waktu tidur di malam sebelumnya, entah karena kegiatan tambahan atau alasan lain.

Saat ini 0 comments :