Cara Aman Pakai Wi-Fi Gratis

Tuesday, October 4, 2016 : 8:09:00 PM

Cara Aman Pakai Wi-Fi Gratis - Layanan Wi-Fi gratis kini sedang merebak dimana-mana, direstoran, hotel, cafe, tempat wisata maupun tempat umum kini sebagian telah memberikan layanan koneksi internet gratis menggunakan Wi-Fi.

Layanan Wi-Fi ini kadang tidak menggunakan password sehingga memudahkan para pengguna layanan Wi-Fi gratis ini. Namun taukah Anda hal ini bisa dimanfaatkan oleh para hacker yang bisa melakukan hal-hal yang merugikan, dengan cara membuka layanan atau jaringan Wi-Fi palsu.

Dengan jaringan palsu itu hacker bisa meretas dan mencuri data pribadi Anda, bahkan bisa membobol rekening bank Anda.

Lalu bagaimana cara aman pakai Wi-Fi gratis, mari kita simak dibawah ini.

1. Yang pertama kali harus Anda lakukan adalah jangan mudah percaya dengan layanan Wi-Fi gratis tanpa menggunakan password.

2. Bertanya pada pengelola tempat yang menyediakan layanan Wi-Fi gratis, jaringan mana yang aman digunakan. Perlu Anda ketahui hacker juga mampu mengetahui kata sandi jaringan Wi-Fi, jadi hacker bisa membuat Wi-Fi dengan nama yang sama dan kata sandi yang sama.

3. Matikan Wi-Fi saat tidak digunakan. Matikan opsi Wi-Fi terhubung secara otomatis.

4. Batasi penggunaan Wi-Fi gratis ditempat umum. Jangan membuka data data yang penting menggunakan layanan Wi-Fi gratis. Gunakan kuota data Anda sendiri untuk membuka data data penting.

5. Ada beberapa situs yang menunjang https yang mengekripsi apa saja yang dikirim dan diterima situs, sebagi contoh Wikipedia, Google. Bila memungkinkan aktifkan pengaturan seperti ini untuk semua layanan penting.

6. Bagi Anda yang menggunakan browser seperti Google chrome, Fire Fox maupun Opera disarankan mengunduh plugin khusus yang membantu untuk mengakses internet secara aman.

Disarankan menggunakan https Every where dari Electronic Frontier Foundation (EFF). Hal tersebut umumnya menyediakan koneksi aman pada situs Yahoo, Amazone, Ebay dan lain lain.

Tips ini akan bermanfaat jika Anda sering traveling ataupun sering bepergian dan Anda selalu mengakses internet dengan laptop saat dihotel, cafe, maupun tempat umum.

7. Anda bisa menggunakan jaringan Virtual Private Network (VPN) karena layanan VPN akan mengekripsi semua data yang dikirimkan. Untuk mendapatkan layanan VPN Anda harus membayar, namun ada versi gratisnya seperti ProXPN, CyberGhost, Your Freedom, dan HotSpot Shield.

Dengan layanan VPN ini akan mendapatkan keuntungan tambahan seperti bisa akses berbagai sumber yang telah di sensor.

8. Menggunakan anti virus, pilihlah anti virus yang mampu memberi peringatan ketika terhubung dengan jaringan tidak aman, serta dapat mencegah kata sandi dibobol hacker.

Saat ini 0 comments :