Cara Agar Baterai Smartphone Tidak Meledak

Friday, October 14, 2016 : 7:17:00 PM

Cara Agar Baterai Smartphone Tidak Meledak - Baterai adalah komponen yang sangat penting dari smartphone. Baterai Lithium-ion adalah baterai yang pada umumnya dipakai pada smartphone maupun laptop.

Baterai Lithium adalah baterai yang tersusun atas lempengan logam lithium, selain bentuk yang lebih kecil dibanding baterai lain baterai ini juga mampu menyimpan daya lebih banyak dibanding baterai lain.

Logam lithium pada Baterai Lithium dikenal sebagai unsur yang mudah terbakar atau mudah meledak, namun apakah baterai smartphone juga akan mudah meledak?

Sebenarnya baterai smartphone tidak mudah meledak, namun hal ini dapat terjadi bila terjadi arus pendek yang terjadi dalam baterai. Baterai yang meledak juga bisa diakibatkan oleh masalah charger.

Lalu bagaimana cara mengatasi baterai agar tidak meledak? Mari kita simak ''Tips Mudah Agar Baterai Smartphone Tidak Meledak'' dibawah ini.

1. Pastikan gunakan charger dan baterai yang ori, karena terbuat dari bahan yang baik dan memenuhi standar keamanan. Jangan mudah tergoda dengan charger atau baterai yang murahan ataupun abal abal. Murah boleh asal bukan abal abal dan pastinya memenuhi standar keamanan.

Baterai maupun charger yang murahan ataupun abal abal tidak menjamin standar keamanan, terkadang cacat dari pabriknya sehingga hal ini berbahaya.

2. Jangan mengecharge ditempat panas karena dapat menyebabkan panas berlebih yang dapat menyebabkan kerusakan komponen smartphone dan juga dapat berakibat meledaknya baterai.

Sebaiknya mengecharge ditempat yang mempunyai sirkulasi udara yang baik agar dapat meminimalisir panas yang berlebihan.

3. Mengecharge baterai sebelum ada notifikasi atau pemberitahuan bahwa baterai lemah. Sebaiknya mengisi baterai saat masih 20%, karena baterai lithium ini akan cepat rusak, menyebabkan umur yang semakin pendek dan dapat meningkatkan arus pendek jika sering dalam keadaan daya rendah atau lowbat.

Cara ini memang tidak menjamin baterai anda jauh dari resiko dari meledak karena mungkin ada sebab lain, namun tidak ada salahnya jika mencobanya. Semoga bermanfaat.

Saat ini 0 comments :