7 Pemain Kunci Para Kontestan Piala AFF 2016

Tuesday, October 4, 2016 : 11:14:00 AM

Setelah sanksi dari FIFA dicabut, Indonesia akan kembali berkiprah di ajang Piala AFF edisi 2016. Ada banyak perkembangan menarik yang patut dipantau di dunia sepak bola ASEAN.

Sejumlah tim telah melakukan regenerasi, sehingga para pemain lama yang kita kenal mungkin tak akan berlaga lagi di sini. Pada laga Piala AFF 2016 nanti kemungkinan kita akan lebih banyak menyaksikan pemain-pemain muda baru yang diturunkan oleh para kontestan.

Siapa sajakah pemain-pemain kunci tim-tim unggulan Piala AFF 2016?

1. Andik Vermansyah - Indonesia



Gelandang serang Indonesia ini telah menjadi tulang punggung bagi klubnya saat ini, Selangor FA. Andik Vermansyah sering menjadi penentu hasil akhir bagi klubnya di berbagai ajang.

Bahkan, ada data yang menunjukkan bahwa Selangor sulit menang jika Andik tidak diturunkan (cedera). Indonesia akan mengandalkan ketangkasan pemain berumur 24 tahun ini untuk mengincar gelar bagi Tim Garuda.

2. Chanathip Songkrasin - Thailand



Pemain yang dijuluki Messi Jay ini akan menjadi fokus perhatian utama selama turnamen berlangsung. Thailand sendiri masih tetap dianggap sebagai calon terkuat untuk meraih gelar juara di AFF Championship 2016.

Pergerakannya memang menjanjikan tontonan menarik. Chanathip Songkrasin baru berumur 22 tahun. Masa depannya terlihat sangat cerah jika performanya bisa cukup konsisten. Gelandang satu ini akan menjadi ancaman lawan manapun yang dihadapi Thailand.

3. Le Cong Vinh - Vietnam



Vietnam pada 2 Juni 2016 menduduki ranking FIFA ke-133 atau ketiga tertinggi di antara tim ASEAN lainnya. Ujung tombak utama mereka adalah Le Cong Vinh. Kendati sudah berumur 30 tahun, namun dirinya dianggap masih menjadi momok mengerikan.

Le Cong Vinh kabarnya siap gantung sepatu seusai Piala AFF 2016. Walau begitu, sebelum pensiun, ia dipastikan bakal mengincar kemungkinan gelar terakhir yang bisa diraihnya. Vinh masuk daftar pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah di ajang Piala AFF dengan koleksi 14 gol.

4. Faiz Subri - Malaysia



Gelandang Penang ini punya kemampuan cukup komplet. Selain cukup fleksibel untuk dimainkan sebagai gelandang sayap dan striker, Faiz Subri juga dikenal cepat, dab punya akurasi tendangan jarak jauh yang mengagumkan.

Salah satu gol Subri ketika timnya menang melawan Pahang FC telah masuk daftar gol-gol yang digadang bisa meraih pennghargaan Puskas Award.

5. Khairul Amri - Singapura



Singapura masih mengandalkan beberapa bintang yang usianya sudah di atas 30 tahun. Shahril Ishak (32) dan Baihakki Khaizan (32) masih menjadi pilar di lini tengah dan belakang. Namun, sosok yang pantas dipantau sepertinya adalah Khairul Amiri.

Penyerang berumur 31 tahun ini sudah menyumbang 31 gol bagi timnas negaranya. Ia mungkin akan menjadi penentu hasil bagi Singapura di turnamen ini.

6. Neil Etheridge - Filipina



Filipina punya bintang-bintang top yang berlaga di luar tanah air mereka. Untuk materi pemain timnas, ada banyak pemain yang kini memperkuat liga-liga internasional seperti Neil Etheridge (Walsall), Javier Patino (Henan Jianye), Luke Woodland (Bradford Park Avenue), Roland Muller (Etoile Carouge FC), Stephan Palla (Wolfsberger AC), Alvaro Silva (Daejeon Citizen), Philip Greatwich (Baltimore Bohemians), dan Denis Wolf (Havelse).

Bintang utama yang bakal menentukan performa Filipina tampaknya adalah Neil Etheridge. Kiper Walsall itu punya pengalaman kental dalam menghadapi pemain-pemain kuat di Eropa.

7. Myanmar - Kyi Lin



Kendati tidak banya diperhitungkan di kancah internasional, maupun Asia Tenggara, namun sepak bola Myanmar mulai mengalami kebangkitan selama beberapa tahun terakhir.

Hal tersebut tidak dapat dilepaskan dari peran para pemain muda di tubuh tim berjuluk The White Angels tersebut. Salah satu yang paling menonjol adalah Kyi Lin. Pemain 24 tahun miliki klub Yangon United ini akan menjadi sumber kreatifitas timnya.

Telah berkiprah di Timnas semenjak 2011, dia telah memenangkan gelar liga Myanmar (MFF) sebanyak tiga kali, dan juga gelar pemain terbaik Myanmar tahun 2012.

Saat ini 0 comments :