4 Langkah Darurat Saat Smartphone Hilang

Wednesday, October 19, 2016 : 11:45:00 PM

Smartphone memang sangat berguna bagi kehidupan manusia, sebab barang tersebut tergolong multifungsi. Tak hanya sebagai alat kominukasi tapi juga dapat untuk berbagai hal lainya, seperti mengambil gambar, merekam video, mendengarkan musik, bermain game, dan mengakses internet.

Oleh sebab itu, terkadang pemilik Smartphone akan langsung merasa panik dan frustasi saat mengetahui Smartphone yang ia miliki hilang. Saat mengalami kehilangan Smartphone janganlah panik. Namun, segeralah lakukan beberapa hal berikut: 

1. Hubungi Nomor Smartphone Yang Hilang

Gunakan perangkat Smartphone lain untuk mencoba menelpon nomor di Smartphone anda yang hilang. Simak lingkungan sekitar anda dan periksalah apakah anda mendengar dering Smartphone yang hilang tersebut? jika tidak ada, coba kirim SMS ke nomor tersebut yang berisi imbalan tertentu. Jika beruntung, perangkat anda akan kembali dalam keadaan utuh. Namun jika tidak, cobalah untuk mengingat dimana anda meletakan perangkat tersebut terakhir kalinya.

2. Hubungi Operator

Jikal langkah pertama tidak berhasil, anda harus mengubungi operator seluler. Anda bisa menginformasikan kepada operator bahwa Telepon/Smartphone anda telah hilang atau dicuri. Anda bisa meminta operator untuk memblokir nomor anda, langkah ini berguna untuk mencegah pencuri memanfaatkan nomor anda untuk menelpon atau melakukan aktivitas lain yang bisa merugikan anda.

3. Segera Ganti Password Media Sosial Anda

Setelah menghubungi operator seluler, anda juga harus secepatnya masuk ke situs-situs media sosial seperti Facebook, Twitter atau sejenis lainya untuk mengganti password. Tujuanya agar si pencuri tidak bisa memanfaatkan akun media sosial anda. Jika sering berbelanja online via perangkat mobile, anda juga segera menghubungi Bank anda untuk memblokir transaksi apa pun via perangkat mobile anda, khususnya via SMS Banking atau Mobile Banking 

4. Lakukan Remot Wiping/Remote Locking

Gunakan perkakas yang tersedia dalam perangkat mobile, seperti Find My iPhone (untuk iPhone/iPad), Blackberry Protect (untuk Blackberry), atau Android Device Manager (untuk Android) untuk menghapus data penting secara remote. Jika memungkinkan, lakukan juga penguncian perangkat mobile anda secara remote sehingga perangkat itu tidak bisa diakses oleh pencuri.

Saat ini 0 comments :