Keren, Seniman Indonesia Ubah Volkswagen Beetle Jadi Bola

Wednesday, August 24, 2016 : 1:53:00 PM

Satu lagi karya anak bangsa Indonesia yang membuat kagum pencinta seni dunia. Pada pagelaran pameran seni fair Art Basel yang berlangsung di Hong Kong, terdapat karya seni yang dipamerkan yang dibuat oleh seniman asal Indonesia, dimana karya seni tersebut menampilkan mobil Volkswagen Beetle keluaran tahun 1953 berwarna kuning yang ditransformasikan bentuknya menjadi sebuah bola raksasa.

Adalah Ichwan Noor, seniman asal Yogyakarta yang berhasil memukau para pengunjung pameran dengan karya seninya tersebut. Ichwan Noor berhasil membuat sebuah Volkswagen tampak seperti bola karet raksasa. Namun Ichwan Noor tidak benar-benar melipat Volkswagen tersebut dari bentuk mobil utuhnya, melainkan seniman berusia 50 tahun ini membentuk Volkswagen menjadi seperti bola karet dengan mengkombinasikan antara bagian-bagian dari Volkswagen aslinya dengan polyester dan juga alumunium untuk menampilkan efek yang menakjubkan. Sehingga membuat karyanya menjadi salah satu yang paling unik di pameran tersebut.

Ichwan Noor seniman yang berbasis di Yogyakarta dan memang terkenal dengan karya-karyanya dalam skala besar tentang manusia hibrida, hewan dan bentuk-bentuk berbasiskan teknologi. Ichwan Noor merupakan lulusan dari Sekolah Seni Rupa di Institut Seni Indonesia, Yogyakarta. Ia pun merupakan Professor of Fine Arts di Universitas Yogyakarta. Ichwan Noor biasa mengerjakan karya seninya dengan bantuan material tembaga, alumunium dan resin.

Selain itu Ichwan Noor memang terkenal juga sebagai seniman yang memiliki spesialisasi dengan seni berbentuk kubus dan bola. Dengan kemampuannya dia dapat mengubah berbagai benda terkesan menjadi bulat atau kotak sempurna.

Pameran karya seni ini merupakan tur yang akan diadakan di beberapa kota, dari Miami, Hong kong dan terakhir akan berlangsung di Swiss. Tentu saja karya dari Ichwan Noor ini dapat memberikan kebanggaan tersendiri untuk Indonesia karena karya tersebut cukup mendapatkan apresiasi yang tinggi dari pencinta seni. Semoga karya seni yang diciptakan Ichwan Noor tersebut dapat terus memberikan decak kagum kepada pencinta seni dunia dan juga memberikan inspirasi untuk seniman-seniman muda Indonesia lainnya sehingga dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional kelak.

(Sumber: http://www.ngv.vic.gov.au/essay/an-interview-with-ichwan-noor/)

Saat ini 0 comments :