Mengenal Sejarah Barok dan Rokoko

Thursday, December 3, 2015 : 1:00:00 AM

Lukisan Rokoko Jean-Baptiste van Loo, Kemenangan Galatea (The Triumph of Galatea), 1720
Barok berasal dari kata Portugal Baruoco, nama asli dari mutiara yang berbentuk kasar dan tidak teratur. Istilah ini mulai dipakai oleh para kritikus Perancis (pada akhir abad ke-18) dalam konotasi seni yang dekaden.

Pada zaman Barok dan Rokoko sebenarnya merupakan pengulangan naturalisme Renaissance yang lebih kental dengan pesanan-pesanan raja -sebagai patronage. Namun Rokoko sebenarnya merupakan masa terakhir , sebelum perkembangan seni moderen dimulai.

Tradisi seni lukis Perancis masa ini dan sebelumnya lebih banyak menggambarkan tema-tema dewi yang cantik-molek dan wanita-wanita istana dengan kulitnya yang merah-jambu dan terutama dipilihkan dari adegan-adegan yang menggairahkan. Perkembangan seni Barok dan Rokoko adalah gejala kemunduran senirupa menurut pandangan ideal klasik dan para kritikus waktuitu menamakannya sebagai seni yang dekaden dan ugly. Kemudian timbul pertanyaan, adakah keinginan untuk memulihkan citra seni klasik dan kembali kepada seni klasik yang murni ?

Baca Juga: Sejarah Perkembangan dan Ciri Karya Seni Rupa Renesan

Rokoko disebut pula sebagai gaya seni zaman Louis XV (1723-1760). Rokoko dari kata Rocaile, paralel dengan Baruoco yang berati dekorasi yang serba penuh permainan kerang dan batu. Rokoko merupakan miniatur refinement dari seni Barok.

Saat ini 0 comments :