Tari Merak - Implentasi yang Menceritakan Kehidupan Burung Merak

Saturday, November 29, 2014 : 1:42:00 AM

Tarian Tradisional Indonesia - Sejarah Tari Merak sesungguhnya berasal dari bumi Pasundan ketika pada tahun 1950an seorang kareografer yang dikenal dengan julukan Raden Tjetjep Somantri mencoba menciptakan gerakan Tari Merak ini. Sesuai dengan nama tariannya, Tari Merak adalah implentasi yang menceritakan kehidupan burung Merak. Utamanya tingkah merak jantan saat mau memikat sang merak betina.

Tari Merak

Tari Merak Jawa Barat

Gerakan merak jantan yang memamerkan keindahan akan pesona bulu ekornya yang pajang saat ingin menarik perhatian sang merak betina tergambar jelas pada Tari Merak ini.

Warna kostum yang digunakan oleh para penari umumnya sesuai dengan corak/warna bulu burung merak tersebut. Selain itu, kostum penari juga dilengkapi dengan sepasang sayap yang mengimpletasikan bentuk dari bulu merak jantan yang sedang di kembangkan.

Dalam catatan sejarah perjalanan waktu, Tari Merak Jawa Barat sudah mengalami pergantian dari gerakan asli yang dibuat oleh Raden Tjetjep Somantri. Yaitu Dra. Irawati Durban Arjon yang berjasa memberikan beberapa koreografi ke Tari Merak versi asli. Sejarah Tari Merak bukan hanya sampai disitu karena pada tahun 1985 gerakan Tari Merak kembali direvisi.


Dalam pertunjukannya Sejarah Tari Merak Jawa Barat umumnya dipertunjukkan dengan cara berpasangan dengan masing masing penari memainkan peran juga sebagai merak jantan atau betina. Dengan iringan lagu gending Macan Ucul beberapa penari mulai menggerakan badannya dengan gemulai seperti gerakan merak jantan yang sedang tebar pesona.

Gerakan merak yang anggun serta menakjubkan tergambar dari gerakan Tari Merak yang penuh keceriaan serta keanggunan. Hingga tidak heran bila Tari Merak kerap difungsikan untuk menyambut kedatangan memperlai pengantin pria atau sebagai hiburan buat tamu dalam acara pernikahan.

Selain itu Tari Merak juga banyak dipertunjukan dalam moment moment baik yang bertaraf nasional dan internasioan lantaran keindahan gerakan Tari Merak. Itulah sekelumit cerita perihal sejarah Tari Merak! Semoga sedikit informasi ini dapat memberi inspirasi untuk kita semua! Sumber: Kebudayaan Indonesia

Saat ini 0 comments :