Kesimpulan Pembahasan Mengenai Perkembangan Drama di Indonesia

Thursday, November 27, 2014 : 1:19:00 AM

BAB III - PENUTUP
A. Simpulan
1. Di Indonesia pada awalnya ada dua jenis teater, yaitu teater klasik yang berkembang dengan sangat ketat di lingkungan istana, dan teater rakyat.
2. Teater memilki kaitan penting dengan keagamaan pada masyarakat Indonesia pada saat dulu karena teater seringkali di pentaskan pada upacara adat dan keagamaan
3. Naskah drama yang dibuat pada masa kolonial disebut sebagai drama dalam kamar.
4. Dalam periode drama masa jepan setiap pementasan harus vdisertai naskah lengkap untuk disensor terlebih dahulu untuk di pentaskan. 
5. Pada Periode Drama Sesudah Kemerdekaan naskah-naskah drama yang dihasilkan sudah lebih baik dengan menggunakan bahasa Indonesia yang sudah meninggalkan gaya Pujangga Baru.

illustrasi

B. Saran
Berdasarkan pada simpulan di atas, maka disarankan kepada mahasiswa agar membaca makalah ini dengan jelas yang nantinya dapat dijadikan sebagai bahan penunjang dalam proses pembelajaran di kelas khususnya ketika berusaha mengkaji perkembangan drama di Indonesia.

Baca Sebelumnya : 


DAFTAR PUSTAKA
  • Anonim. Sejarah teater di Indonesia.(online). Diakses tanggal: 7 Oktober 2011
  • Damono,Sapardi Djoko. Kesusastraan Indonesia Sebelum Kemerdekaan. PDF. (Online). Diakses tanggal: 7 Oktober 2011
  • Pradopo, Rachmat Djoko. 2005. Kritik Sastra Indonesia Modern. Yogyakarta: Gama Media.
  • Ninung P., Theresia. 02 November 2009. Seluk beluk drama di Indonesia.http://massofa.wordpress.com/2009/11/02/seluk-beluk-drama-di-indonesia/.(online). Diakses tanggal: 7 Oktober 2011
  • Rahmanto, B. Selasa, 08 Februari 2011. Sejarah Perkembangan Drama dan Teater Indonesia.http//Rahmanto.com.2011/0208//sejarah-perkembangan-Drama-dan-Teater-Indonesia/.(online). Diakses tanggal: 7 Oktober 2011.
  • dari Berbagai Sumber

Saat ini 0 comments :